IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI MI MA’ARIF NU CANDIWULAN PURBALINGGA

TEGUH ALIM MUSTOFA, NIM: 1223310040 (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI MI MA’ARIF NU CANDIWULAN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
TEGUH ALIM MUSTOFA_COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (763kB) | Preview
[img] Text
TEGUH ALIM MUSTOFA_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI MI MA'ARIF NI CANDIWULAN PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)

Abstract

Implementasi adalah suatu proses penerapan ide, konsep, kebijakan atau inovasi dalam suatu tindakan praktis sehingga memberi dampak baik berupa pengetahuan, keterampilan, serta nilai dan sikap. Pendidikan karakter religius adalah proses transformasi nilai-nilai agama untuk ditumbuhkembangkan dalam kepribadian seseorang sehingga menjadi satu dalam perilaku kehidupan orang itu. Agama memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat, serta menjadi suatu yang sangat penting dimiliki oleh setiap individu yang dapat menuntun kehidupan. Oleh karena itu implementasi pendidikan karakter religius memiliki kedudukan sangat penting dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter religius pada siswa MI Ma’arif NU Candiwulan Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian data dianalisis dengan menggunakan model Milles and Huberman. yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter religius pada siswa MI Ma’arif NU Candiwulan Purbalingga adalah melalui program pengembangan diri yang terdiri dari kegiatan-kegiatan rutin di madrasah meliputi (kegiatan rutin harian, mingguan, dan tahunan), kegiatan spontan yang dilakukan guru pada siswa, keteladanan yang diberikan guru, dan pengkondisian sekolah yang diciptakan sedemikian rupa. Kemudian implementasi melalui mata pelajaran rumpun pendidikan agama Islam dan mata pelajaran umum. Selanjutnya melalui budaya sekolah yang terdiri dari budaya yang ada di kelas, sekolah, dan luar sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan karakter religius
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 01 Aug 2018 00:09
Last Modified: 01 Aug 2018 00:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4023

Actions (login required)

View Item View Item