REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI MELALUI PROGRAM BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS DI PONDOK PESANTREN AL-IKHSAN BEJI I KEDUNGBANTENG BANYUMAS

Rifqi Abdul Rosyad, 1323303078 (2016) REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI MELALUI PROGRAM BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS DI PONDOK PESANTREN AL-IKHSAN BEJI I KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Laporan Penelitian. IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
PENELITIAN ((Rekonstruksi Paradigma...).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rekonstruksi paradigma pemikiran pendidikan pesantren menjadi perlu untuk dilakukan guna mempersiapkan sumber daya manusia yang modern dan religius untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pondok pesantren Al-Ikhsan Beji I Kedungbanteng Banyumas merupakan pondok yang sudah melakukan rekonstruksi paradigma pemikiran pendidikan pesantren dengan mengkombinasikan program bahasa dan program pesantren tanpa mengurangi nilai tradisi pesantren. Penelitian ini digunakan guna mengetahui rekonstruksi paradigma pemikiran pendidikan pesantren dalam menghadapi perkembangan IPTEK melalui program bahasa Arab dan bahasa Inggris serta implementasinya di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji I Kedungbanteng Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research), subjek penelitiannya adalah pengasuh pondok pesantren, Ustadz dan Ustadzah serta santri. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa alternatif paradigma proses penyelenggaraan pendidikan yang dipakai oleh pengasuh ponpes Pondok Pesantren Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas ini adalah paradigma proses vs. produk karena paradigma proses vs. produk pendidikan merupakan sebuah paradigma yang akan mewarnai sosialisasi manusia itu sehingga terjadi profil budaya sesuai dengan yang kita harapkan. Paradigma proses ini dalam pendidikan yang ditekankan bukan pada produk, tapi lebih pada proses.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Uncontrolled Keywords: Rekontruksi Paradigma Pendidikan Pesantren, Program Bahasa, Paradigma proses vs produk
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 26 Jul 2018 05:45
Last Modified: 26 Jul 2018 05:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4011

Actions (login required)

View Item View Item