KONSEP DAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MUATAN LOKAL PADA MADRASAH ALIYAH DI LINGKUNGAN YAYASAN YA BAKII KESUGIHAN CILACAP JAWA TENGAH (Studi Kasus pada MA-MINAT Kesugihan Cilacap dan MA Miftahul Huda Rawalo Banyumas)

Atabik, Drs., M.Ag. (2016) KONSEP DAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MUATAN LOKAL PADA MADRASAH ALIYAH DI LINGKUNGAN YAYASAN YA BAKII KESUGIHAN CILACAP JAWA TENGAH (Studi Kasus pada MA-MINAT Kesugihan Cilacap dan MA Miftahul Huda Rawalo Banyumas). Laporan Penelitian. IAIN Purwokerto.

[img] Text
Versi Jurnal.doc

Download (227kB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk Mengetahui proses pembelajaran mata pelajaran bahasa Arab muatan lokal dan kaitan sistemik dengan mata pelajaran terait dalam sistem kurkulum muatan lokal pada lembaga pendidikan di bawah Ya Bakii khususnya pada Madrasah Aliyah MINAT dan Miftahul Huda, juga untuk mengetahui teknik, dan pendekatan strategi pembelajaran bahasa Arab Muatan Lokal yayasan BAKII pada Madrasah Aliyah MINAT dan Miftahul Huda. Hasil penelitian ini menerangkan: Pertama, konsep pembelajaran bahasa Arab Muatan lokal di Madrasah Aliyah MINAT dan MA Miftahul Huda bahwa bahasa Arab muatan lokal merupakan bagian yang tidak terpisahkan yang menyatu dengan kurikulum pesantren atau kebijakan pesantren yang menaungi madrasah tersebut. Konsep tersebut berkaitan erat dengan konsep Bahasa Arab sebagai kajian pada aspek i’rab. Meskipun demikian, dua MA di atas tidak mengesampingkan bahasa Arab muatan lokal yang diposisikan sebagai alat komunikasi aktifuntuk berbicara. Praktik muhadasah yang diberlakukan tetap dipandu dengan aspek gramatikal sehingga melahirkan bahasa percakapan yang benar sesuai tata bahasa atau dengan kata lain perckapan bahasa Arab Fusha. Kedua, Strategi pembelajaran bahasa Arab muatan lokal yang digunakan di MA MINAT Kesugihan Cilacap dan MA Miftahul Huda Rawalo Banyumas lebih tetap disebut sebagai metode atau strategi kombinasi. Metode atau strategi kombinasi dimana strategi tersebut merupakan gabungan dari beberapa strategi. Pada saat tertentu bisa disebut metode ekletik; perpaduan antara dua metode. Strategi atau metode yang teraplikasikan dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode ceramah adalah metode membaca (reading method), muhadasah, muthala’ah, menghafal, tata bahasa, gramatika-terjemah, metode terjemah (translation method), dan metode langsung

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 24 Jul 2018 00:10
Last Modified: 24 Jul 2018 00:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3941

Actions (login required)

View Item View Item