STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 JATISABA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Siti, Salamah (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 JATISABA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka_lampiaran.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI PDF FULL SITI SALAMAH -1123304130.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Guru dituntut memiliki multi peran agar mampu menciptakan kondisi belajar yang efektif sehingga prestasi belajar siswa meningkat, bisa menempatkan dirinya disamping siswa, melibatkan siswa di setiap pembelajaran. Permasalahan yang akan dibahas adalah :”Apa Saja Strategi yang Diterapkan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Jatisaba kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Jatisaba Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah guru PAI, siswa dan Kepala SD Negeri 2 Jatisaba sedangkan obyek penelitian ini adalah strategi pembelajaran dalam pembelajaran PAI.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kulaitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Teknik ini digunakan sebagai acuan untuk penulisan hasil penelitian untuk mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikansebagaihasilakhirdaripenelitiansehinggadapatmemberikanpemahaman yang semestinya. Hasil penelitiannya adalah strategi yang digunakan dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Jatisabayaitu : strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran aktif jenis peer liason, guided note taking, card sort dan indek card macth. Penerapan strategi pembelajaran tersebut juga sudah berjalan dengan baik sehingga berefek positif terhadap siswa dan menjadikan siswa termotivasi, aktif dan bersemangat untuk belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi-StrategiPembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 29 Jun 2016 05:52
Last Modified: 29 Jun 2016 05:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/391

Actions (login required)

View Item View Item