IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MTs MUHAMMADIYAH 07 PURBALINGGA

SEPTI RIANI, NIM. 1423301340 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MTs MUHAMMADIYAH 07 PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
SEPTI RIANI_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MTs MUHAMMADIYAH 07 PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penyelenggaraan program Baca Tulis Al-Qur‟an di MTs Muhammadiyah 07 Purbalingga berawal dari keprihatinan akan banyaknya siswa di madrasah yang belum bisa baca tulis Al-Qur‟an. Kondisi ini mendorong guru untuk menyusun program Baca Tulis Al-Qur‟an bagi siswa di MTs Muhammadiyah 07 Purbalingga. Program ini telah terlaksana selama 7 tahun dan berhasil hal ini dapat dilihat ketika siswa lulus dari MTs Muhammadiyah 07 Purbalingga sebagian sudah mampu membaca dan menulis Al-Qur‟an. Kondisi ini menarik untuk diteliti karena dalam implementasinya digunakan berbagai strategi dan tahap-tahap yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di MTs Muhammadiyah 07 Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan apa adanya tentang bagaimana implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di MTs Muhammadiyah 07 Purbalingga. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di MTs Muhammadiyah 07 Purbalingga. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan analis model Miles Huberman yang meliputi reduksi data, data display dan verifikasi atau kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di MTs Muhammadiyah 07 Purbalingga dilakukan dengan tiga tahap pertama, perencanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an meliputi merencanakan perangkat pembelajaran, merencanakan pengelompokkan siswa, menyiapkan bahan ajar dan metode. Kedua, pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an meliputi pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas, bimbingan intensif untuk siswa yang belum bisa baca tulis Al-Qur'an, program tahfidz bagi siswa yang sudah lancar baca tulis AlQur‟an dan bimbingan membaca Al-Qur‟an setiap pagi sebelum mulai jam pelajaran madrasah bagi semua siswa MTs Muhammadiyah 07 Purbalingga. Ketiga,evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an meliputi, tes kenaikan halaman jilid, tes imla’, tes hafalan Al-Qur‟an, dan evaluasi madrasah,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :Implementasi, pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 18 Jul 2018 02:36
Last Modified: 18 Jul 2018 02:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3876

Actions (login required)

View Item View Item