IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VA DI MI DARUL HIKMAH BANATARSOKA PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS

SARI HIKMAWATI, NIM. 1423305082 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VA DI MI DARUL HIKMAH BANATARSOKA PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
SARI HIKMAWATI_IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas VA MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat, adalah kelas yang sudah menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPA kelas VA di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis implemntasi pembelajaran IPA dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) peserta didik kelas VA MI Darul Hikmah Bantasoka Purwokerto Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Filedresearch) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Objek dalam penelitian ini adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPA kelas VA di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VA di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPA sudah sesuai dengan teori pembelajaran Contextual Teching and Learning (CTL). Pembelajaran dengan mengimplemntasikan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat meliputi kegiatan persiapan penyusunan RPP sebelum melakukan pembelajaran. Kegiatan inti pembelajaran pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang meliputi komponen-komponen pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yakni: Kontruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik. Hal ini menunjukan bahwa MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat telah berhasil menerapakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk menjadikan peserta didik lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), pembelajaran IPA, dan Peserta Didik Kelas VA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 23 Jul 2018 00:01
Last Modified: 23 Jul 2018 00:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3865

Actions (login required)

View Item View Item