PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs MA’ARIF MINHAJUT THOLABAH KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

EKA APRILIANTI, NIM. 1423301130 (2018) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs MA’ARIF MINHAJUT THOLABAH KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
EKA APRILIANTI_PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs MA’ARIF MINHAJUT THOLAB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan adalah suatu prosesi, hal, cara, perbuatan, hasil kerja dalam memanfaatkan sesuatu yang berguna. Sumber belajar adalah segala daya yang dapat dimanfaatkan guna memberikan kemudahan kepada seseorang dalam belajarnya. Pemanfaatan sumber belajar dapat diartikan sebagai suatu cara yang dilakukan untuk memanfaatkan atau mendayagunakan segala sesuatu yang ada di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan untuk memberi kemudahan seseorang dalam belajarnya. Pembelajaran fiqih adalah proses, cara, perbuatan menjadikan orang untuk belajar mengenai persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia baik kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun hubungan manusia dengan penciptanya. Oleh karena itu, pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran fiqih menjadi sangat penting untuk di lakukan agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran fiqih di kelas VIII MTs Ma’arif Minhajut Tholabah Kembangan Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru fiqih. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan model Milles and Huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis yang dilakukan, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran fiqih yang dilakukan oleh guru fiqih di kelas VIII MTs Ma’arif Minhajut Tholabah Kembangan sudah dilakukan dengan baik. Proses pembelajaran yang dilakukan sudah sesuai dengan tahapan-tahapan pembelajaran yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pembelajaran fiqih dilakukan dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang sudah tersedia di sekolah maupun di lingkungan sekolah. Sumber belajar yang dimanfaatkan adalah buku, kitab kuning, pesan, orang, internet, perpustakaan, media pendidikan, teknik dan lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Sumber Belajar, Pembelajaran Fiqih
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 18 Jul 2018 02:25
Last Modified: 18 Jul 2018 02:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3850

Actions (login required)

View Item View Item