KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO

ACHMAD ANNAM AMRULLOH, NIM. 092333079 (2016) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ACHMAD ANNAM AMRULLOH_KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Profesionalisme guru perlu untuk ditingkatkan agar tercapai suatu tujuan madrasah yang tidak terlepas dari peran para guru yang profesional. Berkaitan dengan itu, kepala madrasah sebagai pimpinan lembaga merupakan orang yang strategis untuk melakukan upaya peningkatan profesionalisme guru dengan kekuatan kepemimpinannya. Kepala MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui program peningkatan profesionalisme guru dengan kekuatan kepemimpinannya. Oleh karena itu, skripsi ini berusaha untuk meneliti tentang bagaimana Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto. Tujuan dari penelitian yang dilakukan peneliti ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan penelitian ini digolongkan penelitian deskriptif kualitatif. Maksudnya, Penelitian ini dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala yang ada yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi untuk mengetahui bagaimana kepala madrasah melakukan upaya meningkatkan profesionalisme guru di MI Darul Hikmah. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data dokumentasi MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto. Metode wawancara digunakan untuk mencari data tentang bagaimana Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, dan TU MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto. Sedangkan objek penelitiannya adalah Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan dapat peneliti simpulkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto dilakukan dengan cara menggunakan gaya kepemimpinan partisipatif, melakukan upaya-upaya peningkatan profesionalisme guru, menggunakan pendekaan partisipatif yang diimplementasikan, dan membuat kebijakan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Keyword: “Profesionalisme Guru, Kepemimpinan Kepala Madrasah,”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 01 Jul 2016 07:14
Last Modified: 01 Jul 2016 07:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item