IMPLEMENTASI PENDEKATAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA

AMAN SALEH, NIM. 1423301168 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text
AMAN SALEH _IMPLEMENTASI PENDEKATAN EDUTAINMENT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)

Abstract

Dewasa ini, pembelajaran dirancang untuk dapat menimbulkan kesan yang menarik dan menyenangkan. Pembelajaran saat ini banayak dikembangkan dengan berbagai metode, strategi dan dengan cara yang dirancang semenarik mungkin, sehingga kesan pembelajaran yang membosankan dapat dikurangi seminimal mungkin. Akan tetapi tentu saja tanpa meninggalkan tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Salah satu cara yang ditempuh oleh lembaga pendidikan untuk mengurangi permasakahan diatas adalah dengan pembelajaran berbasis pendekatan edutainment, pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang memadukan muatan pendidikan dan hiburan secara harmonis. Sehingga aktivitas pembelajaran akan berlangsung menyenangkan, sehingga siswa tidak mudah jenuh dan merasa bosan ketika didalam kelas. Berdasarkan rumusan masalah yang ada, maka tujuan penulisan ini ialah untuk mendeskripsikan tentang implementasi pendekatan edutainment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan langkah-langkah implementasi pendekatan edutainment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa SD Muhammadiyah 1 Purbalingga.Jenis penulisan ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang penulis lakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan yang penulis ambil dari model Miles dan Huberman. Hasil penulisan menunjukkan bahwa tentang implementasi pendekatan edutainment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Purbalingga diantaranya:memadukan pembelajaran dengan dengan berbagai muatan hiburan seperti multimedia, internet, dan melakukan aktivitas pembelajaran yang menyenangkan seperti melakukan permainan yang dibuat sendiri oleh masing-masing kelas, dan membuat lagu seputar materi pembelajaran.Progran sekolah dilakukan juga sudah mendukung konsep edutainment, program sekolah tersebut antara lain yaitu: Menyapa siswa dengan ramah (budaya sekolah 5S+J Tos), PPL (Program pembelajaran Langsung), Apel Pagi, Ngaji Morning Outbond, dan Menggunakan metode pembelajaran yang variatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, edutainment, dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 10 Jul 2018 02:04
Last Modified: 10 Jul 2018 02:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3834

Actions (login required)

View Item View Item