KOMPETENSI PEDAGOGIK USTADZ USTADZAH DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DAN PENGETAHUAN PENGAMALAN IBADAH (BTA&PPI) DI PONDOK PESANTREN DARUL ABROR WATUMAS PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

NURUL ARIFATUN NISA, NIM. 1423301110 (2018) KOMPETENSI PEDAGOGIK USTADZ USTADZAH DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DAN PENGETAHUAN PENGAMALAN IBADAH (BTA&PPI) DI PONDOK PESANTREN DARUL ABROR WATUMAS PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text
NURUL 'ARIFATUN NISA_KOMPETENSI PEDAGOGIK USTADZ USTADZAH DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru harus memiliki empat kemampuan dasar atau empat kompetensi dalam dirinya sehingga proses yang dijalankannya benar-benar proporsional. Kemampuan dasar inilah yang selanjutnya dapat dijadikan sebagai indikator keberhasilan proses pendidikan dan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Tugas, tanggung jawab serta kompetensi yang harus dimiliki oleh ustadz dan ustadzah tidak berbeda dengan tugas, tanggung jawab serta kompetensi guru. Jika tugas dan tanggung jawab guru disekolah adalah mendidik dan mengajar peserta didik agar peserta didik memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai materi yang diajarkan. Begitu juga ustadz dan ustadzah memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengajar dan mendidik para santri agar memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang materi ilmu pengetahuan islam yaitu salah satunya tentang Baca Tulis Al-Qur‟an dan Pengetahuan&Pengamalan Ibadah (BTA&PPI). Untuk mendukung adanya program tersebut maka pihak pesantren Darul Abror mempersiapkan pendidik atau ustadz dan ustadzah yang berkompeten dan dipilih dari santri yang mempunyai latar belakang dan pengalaman serta pendidikan yang tinggi (khususnya keilmuan agamanya). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penguasaan kompetensi pedagogik ustadz ustadzah BTA & PPI di Pondok Pesantren Darul Abror Watumas Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai bahan informasi bagi ustadz dan wawasan terhadap peneliti. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dalam penelitian ini penulis akan menggambarkan penguasaan kompetensi pedagogik ustadz ustadzah BTA&PPI yang ada di Pondok Pesantren Darul Abror. Lokasi yan diteliti adalah Pondok Pesantren Darul Baror Watumas dengan subjek penelitian yaitu ustadz ustadzah BTA&PPI yang berjumlah enam orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa penguasaan kompetensi pedagogik ustadz ustadzah BTA&PPI Pondok Pesantren Darul Abror sudah baik karena dari sepuluh indikator kompetensi pedagogik, para ustadz ustadzah sudah mampu menguasai sembilan indikator kompetensi pedagogik dengan baik dan hanya satu kompetensi yang tidak terlaksana yaitu kompetensi dalam penggunaan TIK dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Ustadz/Ustadzah, Baca Tulis Al-Qur‟an dan Pengetahuan Pengamalan Ibadah (BTA&PPI)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 10 Jul 2018 01:37
Last Modified: 10 Jul 2018 01:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3832

Actions (login required)

View Item View Item