Implementasi Metode Qiro’ati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di TPQ Darussu’ada Desa Maos Kidul Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap

Nur Sasi Aprilia, NIM. 1423301106 (2018) Implementasi Metode Qiro’ati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di TPQ Darussu’ada Desa Maos Kidul Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
NUR SASI APRILIA_IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ DARUSSU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sekarang ini banyak sekali metode untuk mempelajari membaca Al-Qur’an, salah satunya adalah metode Qiro’ati. Metode Qiro’ati adalah Salah satu metode pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan membiasakan membaca dengan benar, lancar, cepat dan tepat sesuai dengan makhorijul huruf dan tajwid. Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran membaca al-Qur’an dengan metode qiro’ati di TPQ Darussu’ada Desa Maos Kidul Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap?. Jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif. mengambil lokasi penelitian di TPQ Darussu’ada. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggali sumber data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber dari Ketua TPQ Darussu’ada dan Ustadz Ustadzah TPQ Darussu’ada, juga pengamatan langsung dalam implementasi metode Qiro’ati. Analisis yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu, dan uji kredibilitas perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati di TPQ Darussu’ada dilaksanakan 6 kali dalam seminggu. Langkah-langkah ustad dan ustadzah dalam proses pembelajaran di TPQ Darussu’ada adalah pertama ustad-ustadzah mempersiapkan dan mengkondisikan santri terlebih dahulu. Kemudian setelah mengkondisikan santri, ustad-ustadzah melakukan pembelajaran awal selama 15 menit yaitu untuk jilid 1,2,3,4,5, dan 6 menggunakan peraga, untuk kelas al-Qur’an menggunakan baca-simak, dilanjutkan dengan kegiatan inti selama 30 menit yaitu santri mengaji satu persatu di hadapan ustad ustadzah, kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran akhir yaitu ustad-ustadzah memberikan materi tambahan selama 15 menit. Evaluasi yang di gunakan di TPQ Darussu’ada yaitu evaluasi harian dan evaluasi kenaikan jilid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an, Metode Qiro’ati
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 03 Jul 2018 10:46
Last Modified: 03 Jul 2018 10:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3813

Actions (login required)

View Item View Item