Okti Fiana Zaeni, NIM. 1123310035 (2018) IMPLEMENTASI METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU 01 BALERAKSA KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (520kB) | Preview |
|
Text
OKTI FIANA ZAENI_IMPLEMENTASI METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MI MA’ARIF.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode inkuiri pada mata pelajaran IPA kelas IV di MIMa’arif NU 01 Baleraksa Kecamatan karangmoncol kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan pada kondisi natural. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Nofember-Desember 2016 di MI Ma’arif NU 01 Baleraksa . Penelitian dilaksanakan selama satu pertemuan pembelajaran IPA. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mendapatkan data keterlaksanaan metode inkuiri pada pembelajaran IPA, wawancara digunakan untuk mendapatkan data kegiatan guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan hambatan-hambatan dan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan bukti implementasi metode inkuiri pada pembelajaran IPA. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu dilanjutkan dengan mereduksi data dan verifikasi untuk mengambil kesimpulan.Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menggunakan metode inkuiri terbimbing, inkuiri bebas, dalam melaksanakan pembelajaran IPA. Pada tahap perencanaan, guru menyiapkan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa dan media pembelajaran. Metode inkuiri terbimbing yang dilaksanakan guru meliputi langkah-langkah (1) Orientasi, (2) Merumuskan masalah (3) Merumuskan hipotesis, (4) Menguji hipotesis, (5) Menarik kesimpulan. Hambatan pembelajaran yaitu guru harus banyak memberikan pengarahan dan penjelasan jika siswa tidak paham dalam menguji hipotesis dan menarik kesimpulan sehingga mengurangi waktu efektif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode inquiri, pembelajaran inkuiri, pembelajaran IPA |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 19 May 2018 04:28 |
Last Modified: | 19 May 2018 04:28 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3777 |
Actions (login required)
View Item |