PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN MELALUI KANTIN KEJUJURAN DI SD MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Maratus Solikah, 1323301236 (2018) PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN MELALUI KANTIN KEJUJURAN DI SD MUHAMMADIYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER__BAB I-__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
MARATUS SOLIKAH__PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN MELALUI KANTIN KEJUJURAN DI SD MUHAMMADIYAH PURWOK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56MB)

Abstract

Pendidikan merupakan upaya sadar dan terencana yang dilakukan oleh guru untuk mengembangkan segenap potensi peserta didiknya secara optimal. Dalam rangka pengembangan tersebut sekolah menjadi lingkungan kedua setelah keluarga. Sekolah Dasar menjadi sekolah formal jenjang dasar yang menjadi tempat pembentukan dan penanaman karakter anak. Akhir-akhir ini korupsi merajalela dalam setiap lapisan pemerintah dan masyarakat. Salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah melalui Pendidikan karakter kejujuran. Pendidikan karakter kejujuran ini dapat diterapkan dan dibiasakan dengan adanya kantin kejujuran. Permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana pendidikan karakter kejujuran melalui kantin kejujuran di SD Muhammadiyah Purwokerto?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggambarkan bagaimana pendidikan karakter kejujuran melalui kantin kejujuran di SD Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan dengan cara deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang pendidikan karakter kejujuran melalui kantin kejujuran di SD Muhammadiyah Purwokerto, wawancara dilakukan untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan pendidikan karakter kejujuran, dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang sejarah sekolah, struktur organisasi pengelola, guru, dan siswa. Analisis data mengacu pada model Miles and Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, dan menyajikan data. Hasil penelitian menggambarkan pendidikan karakter kejujuran di SD Muhammadiyah Purwokerto dilaksanakan melalui kantin kejujuran yang menggunakan self service system, di mana siswa mengambil sendiri makanan atau minuman yang diinginkan kemudian menaruh uangnya ke dalam tabung atau kaleng yang telah disediakan. Hal tersebut dapat melatih siswa agar berperilaku dan bersikap jujur dalam kehidupan sehari-harinya. Metode yang digunakan dalam pendidikan karakter kejujuran yaitu dengan mengajarkan, keteladanan, pembinaan sikap jujur siswa. Strategi yang dilakukan adalah forced formality yang menekankan pada pembiasaan. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kejujuran, Kantin Kejujuran SD Muhammadiyah Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Kejujuran, Kantin Kejujuran SD Muhammadiyah Purwokerto.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Mar 2018 02:59
Last Modified: 28 Mar 2018 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3696

Actions (login required)

View Item View Item