PengembanganBahan Ajar SejarahKebudayaan Islam “MasaRasulullahPeriodeMekah” BerbasisAccelerated Learning Oleh: FifiNurRokhmah NIM: 1522606038

FifiNurRokhmah, 1522606038 (2018) PengembanganBahan Ajar SejarahKebudayaan Islam “MasaRasulullahPeriodeMekah” BerbasisAccelerated Learning Oleh: FifiNurRokhmah NIM: 1522606038. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I - BAB V_DAFTAR PUISTAKA.pdf

Download (839kB) | Preview
[img] Text
FIFI_PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134MB)

Abstract

Pengembangan bahan ajar sejarah kebudayaan Islam “Masa Rasulullah Periode Mekah” berbasis accelerated learning dilatarbelakangi oleh keadaan di Madrasah Aliyah yang belum mempunyai bahan ajar dengan spesifikasi accelerated learning. Pokok-pokok masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) bagaimana pengembangan bahan ajar sejarah kebudayaan Islam “Masa Rasulullah Periode Mekah” berbasis accelerated learning, (2) bagaimana produk bahan ajar sejarah kebudayaan Islam “Masa Rasulullah Periode Mekah” berbasis accelerated learning yang dikembangkan, (3) bagaimana hasil uji coba produk bahan ajar sejarah kebudayaan Islam “Masa Rasululullah Periode Mekah” berbasis accelerated learning. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan instrumen pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, angket, dan wawancara. Hasil akhir dari kegiatan penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar berupa buku sejarah kebudayaan Islam “Masa Rasulullah Periode Mekah” berbasis acclerated learning. Bahan ajar yang dihasilkan mengacu pada enam langkah pengembangan yang meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) penyusunan bahan ajar, (3) pengujian ahli dan revisi, (4) uji coba tahap I dan revisi, (5) uji coba tahap II dan revisi, (6) produk akhir. Buku yang dikembangkan diantaranya memiliki karakteristik sebagai berikut: materi yang disusun disertai dengan peta konsep yang disebut “Alur Sejarah”, dilengkapi dengan kata kunci yang terdapat pada kolom “Ingat!”, kemudian buku dirancang dengan menggunakan gambar dan ilustrasi visual serta kombinasi warna yang serasi. Berdasarkan hasil pengujian ahli terhadap bahan ajar yang dikembangkan, efektivitas bahan ajar menurut uji coba terhadap ahli materi mencapai persentase 86,66%, uji coba terhadap ahli desain bahan ajar mencapai persentase 70%, dan uji coba terhadap guru sejarah kebudayaan Islam mencapai persentase 80%. Kemudian berdasarkan hasil uji coba tahap I, kelayakan bahan ajar mencapai persentase 83,58%, dan pada uji coba tahap II mencapai persentase 82,55%. Dilihat dari hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar hasil pengembangan, nilai rata-rata pre test siswa adalah 52,74 dan rata-rata nilai post tes mencapai 83,93.Dengan demikian, terjadi peningkatan perolehan hasil belajar siswa sebesar 59,14%.Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa produk pengembangan bahan ajar ini layak digunakan dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Kata Kunci:Pengembangan, Bahan Ajar, SejarahKebudayaan Islam, Accelerated Learning

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, SejarahKebudayaan Islam, Accelerated Learning
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.1 Zaman Nabi Muhammad saw
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Mar 2018 08:56
Last Modified: 14 Mar 2018 08:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3649

Actions (login required)

View Item View Item