PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III MI MA’ARIF NU TLAHAB LOR KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA

SEPTI ISNAENI, 122335097 (2018) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III MI MA’ARIF NU TLAHAB LOR KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
SEPTI ISNAENI_PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III MI MA’ARIF NU TLAHAB .PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Komponen yang paling sering mendapat perhatian dalam proses pembelajaran adalah metode. Berhasil tidaknya dalam program pembelajaran dipengaruhi oleh metode yang digunakan. Sebab metodelah yang paling menentukan isi dan cara dalam penyampaian pelajaran. Peserta didik bisa memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru apabila guru dalam menyampaikan pelajaran dengan metode yang baik. Metode demonstrasi merupakan metode yang tepat digunakan guru dalam pembelajaran IPA pada sifat-sifat benda, sebab dengan metode demonstrasi peserta didik bisa melihat langsung sifat- sifat benda dan diharapkan agar siswa mempunyai pengalaman langsung agar menjelajahi dan memahami lingkungan sekitar secara ilmiah. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas III MI Ma’arif NU Tlahab Lor adalah kelas yang sudah menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaiman Penerapan Metode Demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas III di MI Ma’arif NU Tlahab Lor ? Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah berupa penelitian lapangan (field research) pedekatan kualitatif yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan metode demonstrasi. Obyek dalam penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA kelas III di MI Ma’arif NU Tlahab Lor. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknis analisis model Miles dan Huberman yang meliputi, reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan guru pengampu pelajaran IPA menggunakan metode yang tepat yaitu metode demonstrasi dalam pembelajaran sifat-sifat benda. Dalam pelaksanaan guru mendemonstrasikan, memberi kesempatan siswa untuk tanya jawab, dan memberi siswa mencoba mempraktekan dan menugaskan siswa mencoba mempraktekkan apa yang di peragakan guru dan pemberian tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi, Pembelajaran, IPA.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Mar 2018 08:40
Last Modified: 14 Mar 2018 08:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3647

Actions (login required)

View Item View Item