StrategiPengembangan Kreatifitas Anak Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Ketrampilan Di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto

Apriati Rosita, 1522603006 (2018) StrategiPengembangan Kreatifitas Anak Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Ketrampilan Di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
APRI ROSITA_STRATEGI PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi pengembangankreatifitas yang digunakan dalam serangkaian sistem pembelajaran memegang peranan sangat penting dalam keberhasilannya. Tesis ini dilatarbelakangi dengan adanya penggunaan strategi pengembangan kreatifitas anak yang dilakukan oleh guru Seni budaya dan ketrampilan untuk menyampaikan materi kreatifitas pada matapelajaran seni budaya dan ketrampilan, sehingga mereka mampu menguasai kompetensi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis strategi pengembangan kreatifitas anakpada mata pelajaran seni budaya dan ketrampilan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang diarahkan pada field research. Jenis data yang digunakan adalah data-data yang diperoleh bersumber dari observasi, pengumpulan data di lapangan, interview, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan analisis data mengacupada model Miles danHuberman, yaitu dengancaramengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pelaksanaan pengembangan kreatifitas anak pada matapelajaran seni budaya dan ketrampilan di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokertodilakukan melalui pembelajaran kreatif, dalam pengembangan kreatifitas anak pada matapelajaran seni budaya dan ketrampilan di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto dengan menggunakan pendekatan dari aspek pribadi, pendorong, proses, dan produk. Dimana sebelum memasuki proses pembelajaran dimulai dengan ice breaking. Ice breaking ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan mengkondisikan anak agar siap belajar.Implikasi dari penerapan kreatifitas pada matapelajaran seni budaya dan ketrampilan pada dasarnya dapat menumbuhkan kemandirian dan semangat untuk membuat kreatifitas baik dari barang-barang yang tidak terpakai maupun beli. Proses berpikir yang lamban sehingga idenya keburu di ambil yang lain. Oleh karena itu kreatifitas di tanamkan pada anak sejak di sekolah dasar / madrasah ibtidaiyah agar ide-ide kreatif yang ada dalam diri anak dapat terwujudkan melalui kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: KreatifitasAnakdan SBK (SeniBudayadanKetrampilan)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Mar 2018 02:31
Last Modified: 07 Mar 2018 02:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3624

Actions (login required)

View Item View Item