PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK (Studi Kasus di TK/RA Diponegoro Gandasuli, Purbalingga)

NURYA’NI MAUQIYYAH FITROHA, 1323101011 (2018) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK (Studi Kasus di TK/RA Diponegoro Gandasuli, Purbalingga). Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFATAR PUSTAKA.pdf

Download (947kB) | Preview
[img] Text
NURYA'NI MAUQIYYAH FITROHA_PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahui bagaimana peran guru dalam mengembangkan kemampuan sosial pada anak di TK/RA Diponegoro Gandasuli. Peran guru merupakan suatu tugas yang dimiliki guru guna memberikan pengaruh baik untuk pengembangan kemampuan sosial anak yang mulai mempelajari dunia sosial. Namun di TK/RA Diponegoro Gandasuli ditemukan adanya anak – anak yang mengalami perkembangan yang tidak sesuai dengan usia yang seharusnya. Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatif.Subjekdalampenelitianiniyaitukepalasekolah, guru dan sebagai subyek sekunder anak didikTK/RA Diponegoro Gandasuli dengan lebih fokos pada 5 anak yang menonjol dalam perkembangan sosialnya.Obyekpenelitiandalampenelitianiniadalah peran guru dalam mengembangkankemampuan sosial anak di TK/RA Diponegoro Gandasuli. Teknikpengumpulan data yaitudenganobservasiuntukmengumpulkaninformasitentang peran guru dalam mengembangkan kemampuan sosial anak.Selaindenganobservasi, penelitijugamelakukanwawancaraterhadapkepalasekolahdanguru TK/RA Diponegoro Gandasuli.Serta melakukandokumentasipadasaat penerapan dari peran guru dalam mengembangkan kemampuan sosial anak. Berdasarkanhasilpenelitiandanpembahasandalampenelitianinidapatdisimpulkanbahwa peran guru dalam mengembangkan kemampuan sosial anak di TK/RA Diponegoro Gandasuli dapat memperlihatkan perkembangan dari kemampuan sosial yang di miliki oleh anak didik yang ada di TK/RA Diponegoro Gandasuli, termasuk pada 5 anak yang menonjol dalam proses perkembangan kemampuan sosialnya, dengan penerapan yang tepat dari peran guru yaitu sebagai pembimbing, mediator, contoh, dan stimulator. Adanya kiat – kiat dan faktor – faktor yang dilakukan pun mendukungpenerapan peran guru dalam mengemabangkan kemampuan sosial anak. Katakunci:Peran Guru,Kemampuan sosial ana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru,Kemampuan sosial ana
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Mar 2018 06:39
Last Modified: 06 Mar 2018 06:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3613

Actions (login required)

View Item View Item