ANALISIS BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 1 SEKOLAH DASAR

INTAN SETIARINI, NIM. 1123301032 (2018) ANALISIS BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (854kB) | Preview
[img] Text
INTAN SETIA RINI_ANALISIS BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Buku ajar PAI kelas I merupakan buku yang diterbitkan Tim Bina Karya Guru sebagai buku pelajaran dalam bidang studi PAI, yang merupakan buku standar dan disusun oleh para pakar dalam bidangnya untuk maksud-maksud dan tujuan intruksional dilengkapi dengan sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para guru (pemakainya) di sekolah sehingga menunjang suatu program pengajaran. Buku ajar PAI kelas I merupakan sumber pengajaran yang memiliki peranan penting guna menunjang proses pembelajaran. Buku ajar PAI dirancang agar guru dan siswa mendapatkan gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan aktivitas. Buku ajar PAI kelas I SD pada kurikulum KTSP menekankan pada pembelajaran aktif, sehingga guru yang awalnya sebagai sumber belajar satu-satunya, saat ini mengarah sebagai fasilitator, dengan prinsip belajar memaahami bukan belajar menghafal. Bagi guru buku ajar diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai rujukan dalam mengembangkan materi pelajaran. Dengan mempelajari buku ajar diharapkan para guru akan mendapatkan informasi tentang pengembangan bahan ajar yang pada gilirannya para guru dapat mengembangkan bahan ajar yang dapat membantu dirinya dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Jadi penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengkaji berbagai literatur yang relevan dengan pokok bahasan. Adapun metode pegumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan. Sedangkan analisis menggunakan content analysis adalah teknik yang memanfaatkan seperangkat prosedur untuk menarik kesimpulan yang shoheh dari sebuah dokumen. Content analysis merupakan teknik apapun yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui suatu usaha untuk menemukan karekteristik pesan dan dilakukan secara objektif dan sistematis. Berdasarkan Lebih lanjut berdasarkan seluruh varibel yang meliputi 15 (lima belas) variabel dan 72 (tujuh puluh dua) indikator sebagai lebar instrumen atau alat penilaian diperoleh nilai rata-rata sebesar 93,83. Berdasarkan panduan penilaian buku ajar guru yang telah ditentukan, maka nilai rata-rata tersebut masuk peringkat (Amat Baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kriteria hasil analisis sangat tepat, tindak lanjut termsuk sangat logis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Artinya buku ajar Pendidikan Agama Islam kelas I dari Tim Bina Karya Guru sangat baik untuk dijadikan sebagai pegangan guru dan media belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku Ajar PAI.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 21 May 2018 01:29
Last Modified: 21 May 2018 01:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3557

Actions (login required)

View Item View Item