INTEGRASI KURIKULUM MADRASAH KE DALAM KURIKULUM PESANTREN DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUNNAJAT PRUWATAN BUMIAYU BREBES

AkhmadSulaiman, 1522606005 (2017) INTEGRASI KURIKULUM MADRASAH KE DALAM KURIKULUM PESANTREN DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUNNAJAT PRUWATAN BUMIAYU BREBES. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
AKHMAD SULAIMAN_INTEGRASI KURIKULUM MADRASAH KE DALAM KURIKULUM PESANTREN DI PONDOK PESANTREN MO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan objek integrasi kurikulum madrasah ke dalam kurikulum pesantren ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan sekolah formal untuk mencetak peserta didik yang beriman, bertakwa dan berilmu pengetahuan. Di sisi lain, pendidikan Indonesia menghadapai 4 tantangan berupa globalisasi moral, etika dan budaya, krisis moral dan etika, eskalasi konflik and stigma keterpurukan bangsa. Solusi dari masalah ini adalah penyelenggaraan pendidikan dengan model sekolah terintegrasi dengan pesantren. Pondok Pesantren Modern Darunnajat merupakan pondok pesantren yang mengintegrasikan kurikulum sekolah/madrasah ke dalam kurikulum pesantren.Kurikulum pesantren dan madrasah diintegrasikan dalam satu lembaga untuk mewujudkan insan yang beriman, bertaqwa, berilmu pengetahuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Fenomenologi Husserl.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi yang memadukan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Subjek dari penelitian ini adalah pimpinan pesantren, direktur KMI, wakil direktur KMI di bidang kurikkulum, pengurus Direktorat Pengasuhan, pengurus Persada, guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis latar belakang filosofis dan sosiologis integrasi kurikulum madrasah ke dalam kurikulum pesantren, bentuk integrasi kurikulum madrasah ke dalam kurikulum pesantren, dan implementasi intagrasi kurikulum ke dalam kurikulum pesantren di Pondok Pesantren Modern Darunnajat. Hasil penelitian ini adalalah(1) integrasi yang tergolong connected model ini adalah dengan menggabungkan unsur zikir dan unsur pikir dengan syukur sebagai tujuan akhir, (2) implementasi kurikulum di PPM Darunnajat bersifat holistik yaitu mengajarkan seluruh aspek dan non-dikotomik yaitu tidak memisahkan antara agama dan sains(3) secara filosofis integrasi kurikulum madrasah ke dalam kurikulum pesantren didorong oleh pemikiran pengasuh yang memandang pendidikan harus mencakup semua aspek kehidupan dan non-dikotomik sedangkan secara sosiologis adalah integrasi kurikulum madrasah ke dalam kurikulum pesantren merupakan hasil dari dialektika-dinamis dan dinamika-dialektis pesantren dengan zaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Integrasi kurikulum, kurikulum madrasah, kurikulum pesantren, Pondok Pesantren Modern Darunnajat
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Feb 2018 07:29
Last Modified: 08 Feb 2018 07:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3538

Actions (login required)

View Item View Item