PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DALAM PENDIDIKAN MODEL FULL-DAY SCHOOL DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO

AYU PARASNIA, NIM. 1323301079 (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DALAM PENDIDIKAN MODEL FULL-DAY SCHOOL DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
AYU PARASNIA_PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penanaman nilai-nilai agama sangat penting bagi bangsa Indonesia termasuk pendidikan agama islam itu sendiri. Peserta didik harus memiliki akhlak yang mulia sesuai dengan agama yang dianutnya. Dengan tercapainya tujuan pendidikan tersebut, sudah dapat dipastikan bahwa setiap peserta didik memiliki akhlak yang baik sesuai dengan ajaran agama. Selain itu, SMP Al Irsyad Al Islamiyyah memiliki program full-day school dalam rangka meminimalisir kegiatan-kegiatan negatif yang dilakukan siswa sepulang sekolah dan penanaman nilai-nilai pendidikan agama yaitu suatu tindakan atau cara untuk menanamkan pengetahuan yang berlandaskan pada wahyu Allah SWT dengan tujuan agar anak mampu mengamalkan pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar dengan kesadaran dan tanpa paksaan Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, dan guru. Teknik analisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai agama dalam pendidikan model full-day school di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dilaksanakan melalui beberapa metode yaitu, melalui metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat dan memberi perhatian, dan metode hukuman. Metode di aplikasikan dalam kegiatan berupa shalat dhuha, shalat dzuhur berjama’ah dan shalat jum’at, pagi ceria dengan tadarus Al-Qur’an, infaq di hari jum’at, dan peringatan hari-hari besar Islam. Semua kegiatan tersebut masuk dalam nilai religius, baik nilai ibadah, nilai ruhul jihad, nilai akhlak, nilai keteladanan, nilai amanah dan ikhlas. Dan dikatakan berhasil karena peserta didik sudah menunjukkan nilai-nilai tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai-nilai Agama, Pendidikan Model Full-day School
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 16 Apr 2018 08:52
Last Modified: 16 Apr 2018 08:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3508

Actions (login required)

View Item View Item