MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN IBNU TAIMIYYAH KEBOKURA KECAMATAN SUMPIUH BANYUMAS

Wahyu Hadi Leksono, NIM. 1423402087 (2017) MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN IBNU TAIMIYYAH KEBOKURA KECAMATAN SUMPIUH BANYUMAS. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text
WAHYU HADI LEKSONO_MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN IBNU TAIMIYYAH KEBOKURA KECAMATAN SUMPIUH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen kurikulum merupakan proses yang menyeluruh dan sistematik untuk mengacu ketercapaian tujuan kurikulum yang sudah dirumuskan. Penelitian ini membahas tentang manajemen kurikulum di Pondok Pesantren Ibnu Taimiyyah. Kajian ini dilatarbelakangi oleh tantangan yang dihadapi pondok pesantren pada saat ini, yaitu modernisasi pendidikan Islam, yang mempengaruhi penetapan kurikulum lembaga tersebut. Apakah pesantren dalam mengelola kurikulum harus melebur pada tuntutan zaman sekarang, atau mampu mempertahankan ciri khas pesantren sehingga mampu mengaktualisasikan eksistensinya di tengah-tengah tuntutan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses manajemen kurikulum yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum di Pondok Pesantren Ibnu Taimiyyah, yang memadukan tiga kurikulum yaitu: Kurikulum Kementerian Arab Saudi, Kementerian Agama Repiblik Indonesia dan Program Wajib Belajar 9 Tahun. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan dan referensi juga sebagai masukkan untuk lebih meningkatkan manajemen kurikulumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dipergunakan untuk mencari fakta dengan interprestasi yang tepat dan tujuannya adalah untuk mencari gambaran yang sistematis, fakta yang akurat. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis field research, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar, dan bukan gambar. Hasil penelitian ini meliputi: Pertama, Perencanaan kurikulum meliputi tujuan, konten/isi kurikulum, aktivitas belajar, sumber dan evaluasi pembelajaran, kalender pendidikan, perangkat pembelajaran, dan struktur kurikulum. Kedua, Pengorganisasian kurikulum terdiri dari pemilihan dan mengurutkan bahan pelajaran, kontinuitas kurikulum, keseimbangan bahan pelajaran, alokasi waktu, jadwal pembelajaran, dan pembagian tugas mengajar. Ketiga, Pelaksanaan kurikulum yang terdiri dari kurikulum tingkat sekolah dan kurikulum tingkat kelas. Keempat, Evaluasi kurikulum dilaksanakan 4 kali dalam setahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Manajemen Kurikulum, Kurikulum Pondok Pesantren, Pondok Pesantren Ibnu Taimiyyah.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 13 Apr 2018 09:00
Last Modified: 13 Apr 2018 09:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3495

Actions (login required)

View Item View Item