MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ANNIDA SOKARAJA BANYUMAS

Lita Marlia, NIM. 1323303048 (2018) MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ANNIDA SOKARAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
LITA MARLIA_MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ANNIDA SOKARAJA BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Manajemen merupakan suatu proses menyelesaikan aktifitas secara efisien dengan atau melalui orang lain dan berkaitan dengan rutinitas tugas suatu organisasi. Anak berkebutuhan khusus saat ini dianggap sebelah mata dan seharusnya memperoleh pendidikan hanya di sekolah khusus anak berkebutuhan khusus. Pendidikan inklusi merupakan layanan pendidikan yang bisa dijadikan alternatif pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus karena pendidikan inklusi mengikutsertakan anak-anak berkebutuhan khusus belajar bersama dengan anak-anak sebayanya di sekolah reguler, kemudian untuk mengelola pendidikan inklusi agar berjalan sesuai tujuan dibutuhkan manajemen yang baik. Maka dari itu, penulis mengangkat permasalahan tersebut dalam skripsi yang berjudul Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Annida Sokaraja Baanyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen yang diterapkan Sekolah Dasar Islam Terpadu Annida Sokaraja Banyumas. Mulai dari proses perencanaan (planning), penataan (organizing), pengarahan (directing), dan pengendalian (controlling). Kemudian menemukan apa yang menjadi faktor kendala atau hambatan yang dihadapi dalam tahapan manajemen pendidikan inklusi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Annida Sokaraja Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Annida Sokaraja Banyumas. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan Koordinator Inklusi. Objek dalam penelitian ini adalah manajemen pendidikan inklusi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Annida Sokaraja Banyumas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Manajemen Sekolah Dasar Islam Terpadu Annida Sokaraja Banyumas dari perencanaan menggunakan rencana program IEP (Individual Education Plan), kemudian pengorganisasian kepala sekolah memberikan wewenang kepada koordinator inklusi untuk melaksanakan tugas pekerjaannya, pengarahan dilaksanakan oleh kepala sekolah kepada koordinator inklusi dilanjutkan koordinator inklusi kepada guru pendamping anak berkebutuhan khusus, dan yang terakhir pengawasan kepala sekolah melakukan pengawasan untuk mengetahui tujuan yaang ditentukan sudah tercapai atau masih perlu adanya perbaikan untuk kedepannya. Adapun hambatan atau kendala dalam manajemen pendidikan inklusi yaitu peran pemerintah yang kurang memberikan dukungan pada pendidikan inklusi dan orangtua yang masih menginginkan anaknya mampu akademik seperti anak normal lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pendidikan Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 12 Apr 2018 02:07
Last Modified: 12 Apr 2018 02:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3492

Actions (login required)

View Item View Item