Aniqotul Ma’rifah, NIM,1323305095 (2018) PENGARUH PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI TAHFIDZUL QUR’AN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN SISWA KELAS 1 DI MI MA’ARIF 04 GENTASARI KEC. KROYA KAB. CILACAP. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (542kB) | Preview |
|
Text
ANIQOTUL MA'RIFAH_PENGARUH PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI TAHFIDZUL QUR’AN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR A.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menghafal Al-Qur’an yang dilakukan oleh siswa MI Ma’arif 04 Gentasari. Karena pada dasarnya sebagai seorang pelajar islam harus membiasakan diri dalam mempelajari Al-Qur’an terutama untuk menghafalnya. Karena dengan menghafal tersebut itu sangat berpengaruh pada motivasi belajar siswa itu sendiri dalam mendalami Al-Qur’an. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh Program Tahfidzul Qur’an terhadap motivasi belajar Al-Qur’an siswa kellas 1 MI Ma’arif 04 Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Program Tahfidzul Qur’an terhadap motivasi belajar siswa mempelajari Al-Qur’an dan seberapa besar pengaruh tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif, untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Obyek penelitiannya sendiri adalah Program Tahfidzul Qur’an terhadap motivasi belajar siswa mempelajari Al-Qur’an di MI Ma’arif 04 Gentasari. Sampel penelitian ini adalah dari siswa kelas I yaitu sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Sedang teknik analisis data adalah dengan menggunakan analisis regresi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Program Tahfidzul Qur’an terhadap motivasi belajar siswa mempelajari Al-Qur’an di MI Ma’arif 04 Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Dan besar R Square (R^2) adalah sebesar 32,8 %. Artinya, besarnya pengaruh Program Tahfidzul Qur’an terhadap motivasi belajar siswa mempelajari Al-Qur’an adalah sebesar 32,8 %. Dan dari persamaan regresi Y = 33,516 + 0,577X. Dimana persamaan tersebut menyatakan bahwa jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel X, maka nilai variabel Y adalah 33,516. Koefisien regresi sebesar 0,577 menyatakan bahwa setiap penambahan (karena tanda +) satu nilai pada variabel X (Program Tahfidzul Qur’an) akan memberikan kenaikan pada variabel Y (motivasi belajar siswa mempelajari Al-Qur’an) sebesar 0,577.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Tahfidzul Qur’an, motivasi belajar siswa mempelajari Al-Qur’an, MI Ma’arif 04 Gentasari. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.344 Pendidikan Keterampilan Khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Siswa Prakerin |
Date Deposited: | 11 Apr 2018 00:29 |
Last Modified: | 11 Apr 2018 00:29 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3489 |
Actions (login required)
View Item |