PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 1 MI MA’ARIF NU TLAHAB LOR KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA Retno Afifah Sari NIM. 1323310044

Retno Afifah Sari, . 1323310044 (2017) PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 1 MI MA’ARIF NU TLAHAB LOR KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA Retno Afifah Sari NIM. 1323310044. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text
RETNO AFIFAH SARI_PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar membaca permulaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas 1 MI Ma’arif NU Tlahab Lor. Hal ini di tunjukan dengan jumlah siswa yang berhasil mendapat nilai di atas KKM hanya 5 dari 12 siswa atau 41,67 %. Maka penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik untuk meningkatkan hasil belajar membaca permulaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas 1 MI Ma’arif NU Tlahab Lor Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Ma’arif NU Tlahab Lor dengan jumlah siswa sebanyak 12 anak yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Tiap siklus memiliki tahapan-tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pengambilan data dilakukan melalui tes dan non tes. Alat pengumpul data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode Struktural Analitik Sintetik dapat meningkatkan hasil belajar membaca permulaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas 1 MI Ma’arif NU Tlahab Lor. Hal ini terlihat dari ketuntasan belajar siswa yang mengalami kenaikan dari pra siklus sebanyak 5 siswa atau sebesar 41,67%, menjadi sebanyak 7 siswa atau sebesar 58,33%, dari 7 siswa pada siklus I, dan naik menjadi 11 siswa atau 91,67% dari 12 siswa pada siklus II. Hal ini berarti telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yakni 85 % siswa tuntas belajar. Kata Kunci : Peningkatan, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Membaca Permulaan, Pendekatan metode Struktural Analitik Sintetik, MI Ma’arif NU Tlahab Lor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Membaca Permulaan, Pendekatan metode Struktural Analitik Sintetik, MI Ma’arif NU Tlahab Lor.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Feb 2018 06:50
Last Modified: 06 Feb 2018 06:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3479

Actions (login required)

View Item View Item