IMPLEMENTASI STRATERGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III DI MI SIBYANUL HILAL PLANA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS

FITRIA WAHYU ROMADHONA, NIM. 1323305058 (2018) IMPLEMENTASI STRATERGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III DI MI SIBYANUL HILAL PLANA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
FITRIA WAHYU ROMADHONA_IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kelas III MI Sibyanul Hilal, merupakan kelas yang sudah menerapkan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Berdasarkan latarbelakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian guna mengkaji tentang penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas III di MI Sibyanul Hilal, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran IPA Kelas III di MI Sibyanul Hilal Plana Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri, apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu peneliti melihat secara langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait implementasi strategi pembelajaran inkuiri. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Sibyanul Hilal. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data dengan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini, implementasi strategi pembelajaan inkuiri pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dalam proses pembelajarannya dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Hal ini terlihat dengan nilai siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Inkuiri, Pembelajaran IPA
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 10 Apr 2018 23:45
Last Modified: 10 Apr 2018 23:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3477

Actions (login required)

View Item View Item