PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SDIT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA

Fina Anjaryani, NIM. 1323305137 (2018) PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SDIT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
FINA ANJARYANI_PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SDIT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kreatvitas adalah kemampuan untuk menciptakan atau memunculkan produk atau gagasan baru berdasarkan pengalaman, wawasan, maupun hubungannya dengan orang lain. Kreativitas merupakan suatu hal yang tidak diturunkan, karena kreativitas merupakan hasil interaksi potensi kreatif individu dengan lingkungannya. Lingkungan menjadi penunjang utama untuk mengembangkan kreativitas, tanpa lingkungan yang mendukung mustahil akan teraktualisasikan. Minimnya kesadaran orang tua untuk mengenali dan mengembangkan kreativitas anak menjadikan sekolah sebagai lembaga strategis untuk mengembangkan kreativitas anak. Beberapa upaya yang dilakukan sekolah untuk mengembangkan kreativitas peserta didik adalah dengan memeberikan pengalaman, pengetahuan, dan motivasi kepada peserta didik karena sumber utama dari kreativitas adalah ketiga hal tersebut. Penelitian ini dilakukan di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara jelas dan mendalam tentang pengembangan kreativitas peserta didik di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan melalui tahapan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Dari hasil penelitian menunjukan bahwa SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga merupakan salah satu lembaga pendidikan yang melaksanakan pengembangan kreativitas peserta didiknya. Terdapat tiga aspek kreativitas peserta didik yang dikembangkan yakni aspek berpikir kreatif/aptitude, sikap/non-aptitude, dan motorik. Pengembangan kreativitas aspek berpikir kreatif/aptitude dilakukan melalui kegiatan menulis kreatif pada jam pelajaran maupun ekstrakurikuler bahasa, membaca, bertanya, dan diskusi. Pengembangan aspek sikap/non-aptitude dilakukan melalui kegiatan story morning, market day, outbond training, outing class, eksperimen, membuat kolase dan montase, menata meja, dan festival budaya. Sedangkan pengembangan aspek motorik dilakukan melalui kegiatan menulis, mewarnai, menari, olah raga, renang, panahan, dan voli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan kreativitas, Peserta didik, SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.5 Creative Arts for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:37
Last Modified: 10 Apr 2018 06:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3467

Actions (login required)

View Item View Item