IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SD N 01 KOTAYASA SUMBANG BANYUMAS

Siska Mei Sundari, NIM. 1323305022 (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SD N 01 KOTAYASA SUMBANG BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (36kB)
[img]
Preview
Text
SISKA MEI SUNDARI_IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

inquiry pada pembelajaran IPA kelas III SD N 01 Kotayasa Sumbang Banyumas. Jenis peneliti yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan strategi pembelajran inquiry. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi strategi pembelajaran inquiry pada pembelajaran IPA kelas III. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini meliputi reduksi data, display data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan strategi inquiry sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di BAB II. Pembelajaran dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran inquiry di SD N 01 Kotayasa meliputi kegiatan perencanaan mulai dari silabus sampai pada penyusunan RPP. Kegiatan inti pembelajaran atau pelaksanaan guru kelas III ini dengan menggunakan langkah-langkah strategi pembelajaran inquiry ini yakni, orientasi guru mengajak siswa untuk berfikir memecahkan masalah, merumuskan masalah dengan dihadapkan pada suatu persoalan yang mengundang teka-teki, mengajukan hipotesis atau jawaban sementara dari suatu permasalahan yang sedang dikaji, mengumpulkan data dengan cara mengembangkan kemampuan pada setiap siswa, menguji hipotesis dengan cara memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membacakan hasil diskusinya, dan merumuskan kesimpulan dengan cara guru memberikan arahan pada jawaban siswanya. Hal ini menunjukan bahwa SD N 01 Kotayasa telah berhasil menerapkan strategi pembelajaran inquiry untuk menjadikan peserta didik lebih aktif dalam KBM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Inquiry, IPA.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:33
Last Modified: 10 Apr 2018 06:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3463

Actions (login required)

View Item View Item