Efektivitas Metode Amtsal Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Kelas VIII MTs Al Fatah Maos-Cilacap

Ridwan Wening Panggalih, NIM. 1223301137 (2017) Efektivitas Metode Amtsal Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Kelas VIII MTs Al Fatah Maos-Cilacap. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (106kB)
[img]
Preview
Text
RIDWAN_EFEKTIVITAS METODE “AMTSAL” DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs AL FATAH MAOS KELAS .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penerapan Metode Amtsal (perumpamaan) sebagai salah satu metode pembelajaran, karena metode pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran PAI khusunya Aqidah Akhlak saat ini, masih cenderung monoton dan kurang inovatif, maka metode amtsal dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran untuk membuat materi pembelajaran lebih menarik dan efektif. Permasalahan pada skripsi ini adalah bagaimana efektifitas metode amtsal dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al Fatah Maos (kelas VIII)? Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif metode Amtsal (perumpamaan) dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di Kelas VIII MTs Al Fatah Maos. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan sebagai referensi dalam mengembangkan penggunaan media pembelajaran yang lebih bervariasi dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen. Peneliti mengambil sampel 40 siswa (2 kelas) yang didapat secara random sampling sebagai objek eksperimen. Kemudian untuk mengumpulkan data yang ada di lapangan penulis menggunakan metode field work research (penelitian lapangan) yaitu penulis langsung terjun ke lapangan mengadakan penelitian langsung pada objek penelitian dengan menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, maka untuk menganalisis data yang ada, penulis menggunakan teknik analisis kuantitatif yang berwujud angka-angka sebagai hasil perhitungan atau pengukuran yang diproses dengan stastistik. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan metode statistik parametrik yakni Uji U (U-test), dari hasil pengolahan nilai posttest menggunakan Uji U diperoleh u-hitung=116 < u-tabel=127 dan nilai p=0,022 < α=0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa terdapat perbedaan efektifitas antara metode amtsal dengan konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar. Yang mana efektifitas metode amtsal lebih tinggi dibanding dengan metode konvensional. Dan setelah diinterpretasikan ke dalam indeks N-Gain, efektifitas metode amtsal masuk dalam kriteria sedang, dengan memperoleh skor 0,57.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Amtsal, Pembelajaran, Aqidah Akhlak
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 03 Apr 2018 00:18
Last Modified: 03 Apr 2018 00:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3455

Actions (login required)

View Item View Item