PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENGURANGAN BILANGAN DUA ANGKA MELALUI ALAT PERAGA BATANG QUESENAIRE PADA SISWA KELAS I MI MA’ARIF PETAHUNAN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017/2018

Atun Unaisah, NIM. 1223310020 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENGURANGAN BILANGAN DUA ANGKA MELALUI ALAT PERAGA BATANG QUESENAIRE PADA SISWA KELAS I MI MA’ARIF PETAHUNAN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
ATUN UNAISAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hasil pengamatan awal terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika kelas I MI Ma’arif Petahunan Kecamatan Pekuncen menunjukkan pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi pengurangan bilangan dua angka hasil nilai ulangan umum tengah semester masih rendah. Permasalahan pada penelitian ini: apakah penggunaan alat peraga batang quesenaire dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I pokok bahasan pengurangan bilangan dua angka MI Ma’arif Petahunan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pengurangan bilangan dua angka dengan menggunakan alat peraga batang quesenire pada siswa kelas I MI Ma’arif Petahunan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian ini di MI Ma’arif Petahunan. Subjek penelitian siswa kelas I MI Ma’arif Petahunan Kecamatan Pekuncen Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 14 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika materi pengurangan bilangan dua angka melalui alat peraga batang quesenaire. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus perbaikan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata hitung dan mencari persentasi tingkat keberhasilan. Kesimpulan penelitian, pembelajaran matematika pada materi pokok pengurangan bilangan dua angka menggunakan alat peraga Batang Quisenaire dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa mengikuti pembelajaran sangat aktif dan penuh semangat. Pada kondisi awal pembelajaran kurang menarik dan monoton sehingga hasil yang diperoleh hanya mencapai rata-rata 65,71. Setelah menggunakan alat peraga Batang Quisenaire hasil pembelajaran meningkat yaitu pada siklus I naik mencapai nilai rata-rata 70,71, pada siklus II nilai rata-rata menjadi 78,21. Berdasarkan persentase keberhasilan pada pra siklus siswa tuntas belajar 5 siswa atau 35,71%, belum tuntas 9 siswa atau 64,29%. Siklus I siswa tuntas belajar 9 siswa atau 64,29% dan belum tuntas belajar 5 siswa atau 35,71%. Siklus II jumlah siswa tuntas belajar ada 12 siswa atau 85,71% dan belum tuntas belajar hanya ada 2 siswa atau 14,29%. Tingkat ketuntasan siswa mengalami kenaikan dari studi awal ke siklus I naik 28,58%, dan dari siklus I ke siklus II naik 21,42%. Pada siklus II ini menjadikan siswa kelas 1 MI Ma’arif Petahunan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018 mengalami ketuntasan belajar 85,71% atau mencapai target ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu siswa tuntas belajar >85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, matematika, alat peraga batang quesenaire.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 13 Feb 2018 00:52
Last Modified: 13 Feb 2018 00:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3446

Actions (login required)

View Item View Item