Penanaman Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas

Nurfati’ah, 1323310059 (2017) Penanaman Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
NURFATIAH_PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HIKMAH BANTARSOK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)

Abstract

Semakin menurunnya rasa tanggung jawab individu dan warga negara serta masih banyak kasus di Indonesia yang menunjukan figur yang kurang bertanggung jawab menuntut setiap institusi pendidikan untuk menanamkan karakter tanggung jawab pada siswa. Penanaman karakter tanggung jawab pada siswa adalah proses menumbuhkan atau menanamkan pada diri siswa untuk selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang harus dilakukan baik terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, bangsa/negara, dan Tuhan Yang Maha Esa. Penanaman karakter tanggung jawab sangat penting untuk ditanamkan pada siswa supaya pada saat dewasa kelak memiliki kepribadian yang baik dalam menjalani kehidupan di masyarakat serta mampu melaksanakan berbagai bentuk tanggung jawab. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah penanaman karakter tanggung jawab pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Penelitian yang dilakukan di MI Darul Hikmah Bantarsoka bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter tanggung jawab pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualtatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verivication. Hasil penelitian menujukan bahwapenanaman karakter tanggung jawab pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran maupun kegiatan di luar pembelajaran serta kegiatan rutin yang menjadi program pembiasaan madrasah. Dari kegiatan-kegiatan tersebut telah mencakup seluruh bentuk tanggung jawab yang harus dimiliki seperti tanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, bangsa/negara, dan terhadap Tuhan. Sedangkan proses dalam menanamkan karakter tanggung jawab pada siswa menggunakan metode pengajaran, keteladanan, kegiatan rutin, kegiatan spontan, pengondisian lingkungan, teguran, dan hukuman. Kata Kunci: Penanaman Karakter, Karakter Tanggung Jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Karakter, Karakter Tanggung Jawab.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Feb 2018 02:47
Last Modified: 05 Feb 2018 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3436

Actions (login required)

View Item View Item