EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK DENGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MA’ARIF NU 1 LANGGONGSARI CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

NUR BAITI, NIM. 1323305102 (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK DENGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MA’ARIF NU 1 LANGGONGSARI CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
NUR BAITI_EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK DENGAN MEDIA CERITA BERGAMBA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan membaca siswa kelas 1 pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang masih rendah. Terlihat dari masih adanya siswa yang sama sekali tidak bisa membaca dan ada juga siswa yang belum lancar membaca. Hal ini disebabkan karena Guru hanya menggunakan metode yang umum digunakan oleh guru-guru yang lain, yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Untuk mengatasi permasalahan membaca permulaan diperlukan metode Struktural Analitik Sintetik. Metode ini yang digunakan untuk proses pembelajaran membaca permulaan. Adapun jenis penelitian yang penulis lakukan adalah jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 di MI Ma’arif Nu 1 Langgongsari Cilongok. Instrumen yang digunakan penulis berupa pilihan ganda dan essay yang telah divaliditas dan reabilitasnya. Materi yang digunakan adalah kegiatan di sore hari. Metode penelitian yang digunakan berupa analisis statistik deskriptif. Analisis data menggunakan Uji N-Gain. Hipotesis kerja dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 yang menggunakan metode SAS dengan media cerita bergambar dengan siswa yang tidak menggunakan metode SAS dengan media cerita bergambar. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa metode struktural analitik sintetik dengan media cerita bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini dilihat pada analisis melalui uji N-Gain, dimana kelas kontrol memperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,02421 (kategori rendah) dan kelas eksperimen rata-rata N-Gain yang lebih tinggi yaitu sebesar 0,264688 (kategori rendah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Struktural Analitik Sintetik, Media Cerita Bergambar, Kemampuan Membaca, Uji N-Gain
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 09 Feb 2018 00:16
Last Modified: 09 Feb 2018 00:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3435

Actions (login required)

View Item View Item