IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) PADA PEMBELAJARAN IPA DIKELAS III SD NEGERI 02 KEBOCORAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Laela Qodriyah, 1323305028 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) PADA PEMBELAJARAN IPA DIKELAS III SD NEGERI 02 KEBOCORAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTA ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
LAELA QODRIYAH_IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi nyata siswa dan mendorong antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep ini, hasil pembelajaran di harapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)pada pembelajaran IPA dikelas III SD Negeri 02 Kebocoran Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fieldresearch) dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL)pada pembelajaran IPA dikelas III SD Negeri 02 Kebocoran Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, terdapat beberapa kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Berbeda dengan di teori langkah-langkah pembelajaran IPA di sekolah dasar hanya ada pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajarannya tetapi tidak ada perencanaan pembelajaran. Akan tetapi dalam teori langkah-langkah pembelajaran IPA menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran IPA di kelas III SD Negeri 02 Kebocoran Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, belum sesuai dengan teori yang ada akan tetapi, guru dalam proses pembelajaran menjadikan siswa aktif, antusias, semangat belajar, termotivasi belajar IPA, serta tidak membosankan karena menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang membuat siswa tertarik dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran IPA, dan Siswa Kelas III (tiga)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Feb 2018 02:08
Last Modified: 05 Feb 2018 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3433

Actions (login required)

View Item View Item