PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SUB POKOK BAHASAN ENERGI KELAS II MI AL IKHLAS KARANGPUCUNG KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

Dewi Sulastri, 1323310040 (2017) PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SUB POKOK BAHASAN ENERGI KELAS II MI AL IKHLAS KARANGPUCUNG KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
DEWI SULASTRI_PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan pemberian reward dan punishment dalam pembelajaran IPA sub pokok bahasan energi kelas II MI Al Ikhlas Karangpucung Kecamatan Purwokerto Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Al Ikhlas Karangpucung, berjumlah 13 siswa, terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Objek penelitian adalah peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas II MI Al Ikhlas Karangpucung meningkat setelah diberikan tindakan dengan pemberian reward dan punishment. Pemberian reward berupa pujian, penghormatan, pemberian hadiah, dan tanda penghargaan. Pemberian punishment berupa punishment preventif dan punishment represif. Peningkatan prestasi belajar siswa yaitu pada siklus I rata-rata 72,84 dengan presentase 76,9% dan pada siklus II rata-rata 81,92 dengan presentase 84,6%. Hal ini sudah sesuai indikator keberhasilan yang ditentukan oleh peneliti dengan KKM 74 dengan rata-rata ketuntasan 75 dan prosentase 80%. Jadi, dengan menggunakan reward dan punishment dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok energi pada siswa kelas II MI Al Ikhlas Karangpucung Purwokerto Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: reward dan punishment, prestasi belajar, pembelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 02 Feb 2018 08:04
Last Modified: 02 Feb 2018 08:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3416

Actions (login required)

View Item View Item