Manajemen Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Program Qur’an Dan Halaqah Tarbawi Di Sdit Harapan Bunda Purwokerto

Ariska, 1323303005 (2017) Manajemen Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Program Qur’an Dan Halaqah Tarbawi Di Sdit Harapan Bunda Purwokerto. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ARISKA_MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU TENAGA PENDIDIK PADA PROGRAM QUR’AN DAN HALAQAH TARBAWI DI SDIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan bermutu adalah pendidikan yang mampu melakukan proses pematangan kualitas peserta didik dengan cara membebaskan peserta didik dari ketidaktahuan, ketidakmampuan, ketidakbenaran, dan dari buruknya akhlak dan keimanan. Salah satu pihak yang memiliki peran penting dalam menunjang keberhasilan itu adalah tenaga pendidik. Pokok permasalahan yang akan dibahas adalah manajemen peningkatan mutu tenaga pendidik melalui manajemen mutu yang meliputi kebijakan kualitas, tujuan, tanggung jawab, serta pengimplementasianya melalui alat manajemen kualitas diantaranya seperti perencanaan kualitas, pengendalian kualitas, penjaminan kualitas, dan peningkatan kualitas pada program Qur’an dan halaqah tarbawi, agar pendidik mempunyai kompetensi dasar untuk memenuhi kebutuhan stakeholders. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian kepala sekolah dan masing-masing ketua dari bidang program Qur’an dan halaqoh tarbawi. Objek penelitiannya adalah manajemen peningkatan mutu tenaga pendidik melalui program Qur’an dan halaqah tarbawi di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, bahwa manajemen peningkatan mutu tenaga pendidik program Qur’an dan halaqah tarbawi di SDIT Harapan Bunda Purwokerto sudah termasuk kategori sekolah berbasis Qur’an yang bermutu karena SDIT Harapan Bunda Purwokerto sudah terakreditasi A, semua para pendidik hampir 95% kualifikasi akademiknya S1, serta mampu melahirkan peserta penghafal Qur’an, terbukti dari 2 tahun kelulusan mampu mencetak hampir 45% anak penghafal 6 juz Al-Qur’an. Adapun cara yang dilakukan kepala sekolah untuk mewujudkan manajemen peningkatan mutu tenaga pendidik yang berkualitas melalui program Qur’an dan Halaqah tarbawi yaitu dengan penetapan kebijakan, tujuan, tanggung jawab, serta diimplementasikan melalui alat manajemen seperti perencanaan kualitas, pengendalian kualitas, penjaminan kualitas, dan peningkatan kualitas. Kata kunci: Manajemen Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Program Qur’an dan Halaqah Tarbawi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Program Qur’an dan Halaqah Tarbawi.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 02 Feb 2018 07:16
Last Modified: 02 Feb 2018 07:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3411

Actions (login required)

View Item View Item