EVALUASI PROGRAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTS MA’ARIF NU 01 KRANGLEWAS BANYUMAS

Ikhda Avita Prameswari, NIM. 1323303021 (2018) EVALUASI PROGRAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTS MA’ARIF NU 01 KRANGLEWAS BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
IKHDA AVITA PRAMESWARI EVALUASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanmengevaluasi dan mendeskripsikan penerapan program manajemen berbasis sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah,waka kurikulum, waka kesiswaan, waka sarana dan prasarana, waka humas, pengelola keuangan, dan petugas perpus. Setting penelitian di MTs Ma’arif Nu 01 Karanglewas. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan lalu diverivikasi.Proses penelitian ini menggunakan evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product) dari Daniel Stufflebeam. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) komponen konteks: penerapan program MBS telah berjalan sesuai dengan landasan konseptual dan hukum yang berlaku, partisipasi komite sekolah, dan dukungan masyarakat sangat baik dan maksimal dalam penerapan program MBS, (2) komponen input: keadaan dan kondisi peserta didik, ketersediaan dan kualifikasi akademik pendidik dan tenaga kependidikan, pengelolaan pembiayaan, ketersediaan sarana prasarana, dan kepemimpinan kepala sekolah dapat dikatakan sudah sangat ideal karena sesuai dengan standar nasional pendidikan, (3) komponen proses: kurikulum yang digunakan, proses pembelajaran, proses penilaian hasil belajar, dan proses manajemen kepala sekolah sudah sangat baik dan ideal, (4) komponen produk: Secara keseluruhan komponen produk manajemen berbasis sekolah di MTs Ma’arif Nu 01 Karanglewas sudah cukup baik walaupun masih ada beberapa komponen yang masih harus diperbaiki, tetapi dari masing-masing komponen sudah dapat memberikan kepuasan pada stakeholder. Diharapkan MTs Ma’arif Nu 01 Karanglewas mempertahankan dan meningkatkan ketercapaian komponen konteks, input, proses, dan produk dalam penerapan program manajemen berbasis sekolah sehingga mutu pendidikan dapat tercapai dengan sangat memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program, Manajemen Berbasis Sekolah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 08 Feb 2018 23:51
Last Modified: 08 Feb 2018 23:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3403

Actions (login required)

View Item View Item