PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANANNYA MENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT BAGI SISWA KELAS III MI MA’MARIF NU 01 KARANGGAMBAS PADAMARA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RUSTININGSIH, NIM. 1323310001 (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANANNYA MENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT BAGI SISWA KELAS III MI MA’MARIF NU 01 KARANGGAMBAS PADAMARA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSRAK.docx

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
RUSTININGSIH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAK.pdf

Download (948kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang dilaksanakan di MI Ma’arif NU 01 Karanggambas Padamara Purbalingga, mata pelajaran IPA kelas III Pokok Bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya menunjukkan hasil yang sangat rendah dan mendapat nilai dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Mata pelajaran IPA mempelajari tentang dirinya sendiri, lingkungannya, alam semesta dan teknologi yang akan membawanya kesebuah pemahaman. Kegiatan pembelajara IPA pada pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya bagi siswa kelas III ini dilakukan dengan menggunakan strategi card sort. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui gambaran proses keaktifan siswa dengan menggunakan strategi card sort. (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya menggunakan strategi card sort pada siswa kelas III. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian sebanyak 19 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum adanya tindakan ke silkus I dan ke siklus II. Dari data pra siklus diketahui skor rata-rata kelas yaitu 52,89. Pada siklus I dapat diketahui peningkatan pada skor rata-rata kelas yaitu 71,45 dan pada siklus II 85,92. Dapat diketahui pula bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari tiap pertemuan. Yang sebelum adanya tindakan hanya 5 siswa yang tuntas (26,32%) dari 19 siswa. Pada siklus I terjadi peningkatan siswa yang tuntas menjadi 12 siswa (63,16%) dari 19 siswa. Pada siklus II ada peningkatan siswa yang tuntas belajar menjadi 17 siswa (89,47) dari 19 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan diterapkannya strategi card sort pada mata pelajaran IPA pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di MI Ma’arif NU 01 Karanggambas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Card sort, dan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.Strategi Card sort, dan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 21 May 2018 01:21
Last Modified: 21 May 2018 01:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3399

Actions (login required)

View Item View Item