PENGGUNAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MI AL-MA’ARIF TAMBAKREJA KEDUNGREJA CILACAP

AFRINATUL MASKUROH, 1323310025 (2017) PENGGUNAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MI AL-MA’ARIF TAMBAKREJA KEDUNGREJA CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AFRINATUL MASKUROH_PENGGUNAAN STRATEGI INDEKS CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MI AL MA'ARIF TAMBAKREJA KEDU~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (878kB) | Preview

Abstract

Melihat betapa pentingnya peran IPA dalam kehidupan manusia, bahkan masa depan suatu bangsa, maka sebagai seorang pendidik yang mengajarkan dasar-dasar IPA merasa terpanggil untuk senantiasa berusahaa meningkatkan mutu mata mata pelajaran IPA dan hasil belajar IPA. Pembelajaran IPA dengan menggunakan strategi Index Card Match diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa. Karena merupakan suatu pembelajaran aktif dengan menggunakan strategi permainan mencari pasangan kartu. Strategi Index Card Match berhubungan dengan cara-cara belajar agar siswa lebih lama mengingat pasangan kartu yang merupakan jawaban atau soal sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan yang digunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah peneliti lapangan (field research) dan penelitian ini digolongkan ke dalam kualitatif-deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru kelas IV, siswa kelas IV, dan kepala madrasah. Adapun sumber data tersebut diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan analisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan strategi Index Card Match terhadap hasil belajar IPA dan kreatifitas siswa kelas IV MI Al-Ma’arif Tambakreja Kedungreja Cilacap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi Index Card Match dalam pembelajaran IPA membuat siswa lebih bersemangat dan mudah untuk mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya. Hasil hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Index Card Match pada mata pelajaran IPA yang digunakan oleh guru kelas IV di MI Al-Ma’arif Tambakreja Kedungreja Cilacap dalam pelaksanaan pembelajarannya, guru memvariasikanstrategi Index Card Match dengan beberapa strategi atau metode sehingga menjadi satu bagian. Mengkombinasikan bermacam-macam strategi pembelajaran dengan tujuan untuk memaksimalkan proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai SK, KD serta KKM. Dalam pembelajaran, guru melibatkan siswa untuk aktif dalam proses berfikir dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kata-kata Kunci: MataPelajaran IPA dan Strategi Index Card Match

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MataPelajaran IPA dan Strategi Index Card Match
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 01 Feb 2018 01:31
Last Modified: 01 Feb 2018 01:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3384

Actions (login required)

View Item View Item