IMPLEMENTASI METODE QIRA’ATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN DI TPQ AL FAQIHIYAH DESA WADASMALANG KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN BUMIJAWA

Nurul Ismawati, nim. 1323308048 (2017) IMPLEMENTASI METODE QIRA’ATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN DI TPQ AL FAQIHIYAH DESA WADASMALANG KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN BUMIJAWA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (984kB) | Preview
[img] Text
NURUL ISMAWATI_IMPLEMENTASI METODE QIRA’ATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN DI TPQ AL FAQIHIYAH DESA WADASMALANG KEC~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan metode dalam pembelajaran Al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting yang tidak dapat dipisahkan. Metode dipilih sebagai jembatan dan media transformasi pelajaran terhadap tujuan yang ingin dicapai. Namun apakah dengan adanyaberbagai macam metode pembelajaran membaca Al-Qur’an yang ada, sudah diterapkan dalam pembelajaran nyata. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mengetahui Implementasi Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Al Faqihiyah Desa Wadasmalang Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research), untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan oleh peneliti, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif, yaitu metode yang digunakan terhadap suatu data yang dikumpulkan kemudian disusun, dijelaskan, dan kemudian dianalisa. Untuk kevaliditasan data penulis menggunakan uji kredibilitas yang dilakukan adalah triangulasi sumber, yaitu cara mengecek data yang diperoleh melalui beberapa sumber. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah metode Qira’ati, sedangkan subjek penelitiannya adalah Kepala TPQ Al Faqihiyah, Ustadz/Ustadzah, santri TPQ Al Faqihiyah, wali santri, dan pembelajaran di TPQ Al Faqihiyah. Ada berbagai macam metode dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Metode pembelajaran membaca Al-Qur’an yang digunakan di TPQ Al Faqihiyah adalah metode Qira’ati. Setelah dilakukan penelitian di TPQ Al Faqihiyah dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Qira’ati di TPQ Al Faqihiyah belum sepenuhnya sesuai dengan panduan Qira’ati, mulai dari proses persiapan pada Jilid Pra TK , Jilid 1 sampai 6, Juz 27 dan Gharib, belum ada persiapan sistem baris berbaris sebelum memasuki kelas dan membacakan do’a-do’a serta surat pendek secara klasikal.Sedangkan penerapan pembelajarannya juga belum sesuai dengan strategi pembelajaran metode Qira’ati karena di TPQ Al Faqihiyah setiap kelasnya terdapat 23 murid ataupun hanya 15 murid yang jumlahnya kurang dari 20 murid, kurangnya ruang kelas dan tenaga pengajar, serta pengajaran secara klasikal belum diterapkan secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Qiroati, Qiro'at, TPQ Al Faqihiyah, Membaca Al Quran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 20 Jan 2018 01:21
Last Modified: 20 Jan 2018 01:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3371

Actions (login required)

View Item View Item