STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DI SD ISLAM TERPADU AL AMBARI KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES.

Muhammad Irham Maulidi, NIM. 1522603026 (2017) STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DI SD ISLAM TERPADU AL AMBARI KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD IRHAM MAULIDI_STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DI SD ISLAM TERPADU AL AMBARI KECAMATAN BUMIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter telah lama dianut bersama secara tersirat dalam penyelenggaraan pendidikan Nasional. Akan tetapi, harapan pendidikan karakter di Indonesia tidak sesuai dengan realitas yang ada dimana semakin gencarnya trend pendidikan karakter saat ini, di barengi dengan trend perilaku menyimpang. Dalam hal ini sekolah memiliki peran yang strategis dalam pembetukan karakter, namun dari sisi pelaksanaan masih mudah ditemui sekolah-sekolah yang lemah dalam menerapkan strategi pendidikan karakter. Lemahnya penerapan strategi pendidikan karakter adalah karena sekolah belum mampu menjabarkan strategi pendidikan karakter dalam skala mikro yang telah digagas oleh Pemerintah. Peneliti melihat ada SD yang telah menerapakan optimalisasi strategi mikro pendidikan karakter, yaitu SDIT al Ambari Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang strategi pendidikan karakter di SDIT al Ambari Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes dalam membentuk karakter peserta didiknya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field reseacrh) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan triangulasi data yang terdiri dari: data reduction, data display, dan conclusion drawing. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa SDIT al Ambari menginternalisasikan nilai-nilai karakter pada peserta didik melalui optimalisasi strategi mikro pendidikan karakter melalui kegiatan seperti: pengintegrasian nilai-nilai karakter pada pembelajaran, pembiasaan di sekolah, ekstrakurikuler dan pembiasaan di rumah. Di mana pada pengintegrasian nilai-nilai karakter tersebut memiliki strategi yang dominan, seperti: dalam pembelajaran ada outdoor class learning, dalam pembiasaan di sekolah ada shalat duha, dalam ekstrakurikuler ada tata boga dan olahraga, dan dalam pembiasaan di rumah ada shalat wajib berjamaah, shalat duha, serta membaca ayat suci Al Qur’an. Selain itu, inovasi dalam penerapan strategi pendidikan karakter di SDIT al Ambari juga dilakukan, dengan melakukan kordinasi dengan yayasan, komite serta masyarakat. Dengan maksud untuk dapat menggunakan fasilitas lingkungan sekitar seperti musholla, kebun, sawah, sungai serta pasar untuk dijadikan tempat, media dan sumber belajar bagi peserta didik. Selain itu, dalam penanaman nilai-nilai karakter memiliki prinsip yaitu: tidak menghukumi peserta didik, penanaman karakter bukan suatu yang instan tetapi memiliki proses yang panjang, serta meletakan akhlak/karakter sebagai pondasi dalam proses pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi mikro, Pendidikan karakter, SDIT al Ambari
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 20 Jan 2018 01:03
Last Modified: 20 Jan 2018 01:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3368

Actions (login required)

View Item View Item