PENGARUH KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS.

Muchamad Ibnu Royyan, 1323301045 (2017) PENGARUH KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUCHAMAD IBNU ROYAN_PENGARUH KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan mengadakan variasi mengajar menjadi bekal yang harus dimiliki oleh seorang guru, sehingga dalam pembelajaran di kelas siswa akan lebih senang mengikuti pembelajaran khususnya pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang membahas peristiwa pada masa lampau. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengadakan variasi mengajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII di MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, uji korelasi pearson, uji regresi dan uji independent T test . Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa dalam penelitian ini, besar R Square menunjukan besar pengaruh dari Variabel X terhadap variabel Y, yaitu 0,450 = 45,0% di kelas VII B dan 0,414 = 41,4% di kelas VII C. Artinya, besarnya pengaruh variabel X (mengadakan variasi mengajar) terhadap Y (motivasi belajar siswa Sejarah Kebudayaan Islam) adalah sebesar 45 %. Di kelas VII B dan 41,4% di kelas VII C. Dari persamaan regresi juga diperlihatkan besarnya Y = -0,299 + 1, 297 di kelas VII B dan Y = 41,738 + 0,710 X di kelas VII C dan yang mengandung pengertian bahwa, Variabel X memberikan pengaruh sebesar 1,297 kali di kelas VII B dan sebesar 0,710 di kelas VII C. Untuk melihat perbedaan hasil di kelas VII B dan kelas VII C dengan melihat nilai Sig. (2-tailed) Variabel X di kelas VII B dan VII C sebesar 177 dan Sig. (2-tailed) Variabel Y di kelas VII B dan VII C sebesar nilai 926 yang lebih besar dari pada 0,05. Jadi antara variabel X dan Y di kelas VII B dan VII C tidak ada perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Variasi Mengajar, Motivasi Belajar, model pembelajaran, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, SKI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 15 Jan 2018 08:21
Last Modified: 15 Jan 2018 08:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3358

Actions (login required)

View Item View Item