EVALUASI PROGRAM PEMBIASAAN KARAKTER PERDULI LINGKUNGAN SEKOLAH BAGI SISWA MTs RIYADUSH SHOLIHIN PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA

Rahmawati Yanuar Prastiwi, 1323303031 (2017) EVALUASI PROGRAM PEMBIASAAN KARAKTER PERDULI LINGKUNGAN SEKOLAH BAGI SISWA MTs RIYADUSH SHOLIHIN PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text
RAHMAWATI YANUAR PRASTIWI_EVALUASI PROGRAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fungsi pendidikan adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak atau kepribadian siswa. Pembentukan kepribadian siswa di sekolah bisa dengan membiasakan perilaku positif tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Hal yang menarik di MTs Riyadush Shoihin Purwareja Klampok merupakan salah satu lembaga yang mengembangkan sikap positif khususnya sikap perduli lingkungan secara terprogram dengan menggunakan metode pembiasaan. Dalam menelaah kegiatan tersebut penulis tertarik untuk melakukan evaluasi program guna mengumpulkan informasi tentang kerja program tersebut. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian dengan judul Evaluasi Program Pembiasaan Karakter Perduli Lingkungan Sekolah Bagi Siswa MTs Riyadush Shoihin Purwareja Klampok Banjarnegara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Evaluasi Program Pembiasaan Karakter Perduli Lingkungan Sekolah Bagi Siswa MTs Riyadush Shoihin Purwareja Klampok Banjarnegara”. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis Evaluasi Program Pembiasaan Karakter Perduli Lingkungan Sekolah Bagi Siswa MTs Riyadush Shoihin Purwareja Klampok Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan yang bersifat evaluatif. Dengan menggunakan model evaluasi program CIPP (Context, Input, Process, Product). Data diperoleh dari kepala sekolah, guru, serta siswa melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis dokumen. Dalam menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari kegiatan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian penulis, diambil kesimpulan bahwa pembiasaan karakter perduli lingkungan sekolah bagi siswa MTs Riyadush Sholihin Purwareja Klampok Banjarnegara beberapa kegiatan sudah berjalan dan terlaksana sesuai tujuan namun kurangnya struktur organisasi kegiatan program membuat kurangnya pertanggung jawaban program pembiasaan karakter perduli lingkungan sekolah tersebut. Serta perlu adanya peningkatan pelayanan, pembenaan serta fasilitas penunjang terlaksananya program dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembiasaan, evaluasi program, karakter, pendidikan karakter
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 10 Jan 2018 01:35
Last Modified: 10 Jan 2018 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3346

Actions (login required)

View Item View Item