KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MA’ARIF NU 04 TAMANSARI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Mulina Ma’rifah, NIM. 1323301202 (2017) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MA’ARIF NU 04 TAMANSARI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Maulina Ma’rifah_KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PAI DI MTs MA’ARIF NU 04 TAMANSARI KECAMATAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam merupakan kemampuan dalam menguasai pengetahuan bidang ilmu agama yang sekurang-kurangnya meliputi penguasaan : materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai dengan standar isi program satuan pendidikan mata pelajaran, dan kelompok mata pelajaran yang akan diampu, yang relevan secara konseptual menaungi atau koheren dengan program satuan pendidikan, mata pelajaran, dan kelompok mata pelajaran pendidikan agama Islam. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam di MTs Ma’arif NU 04 Tamansari? Latar belakang dari persoalan ini karena masih ada saja guru yang belum sesuai dengan kriteria-kriteria profesional seperti, guru yang mengajar tidak sesuai dengan studi yang diampuh, dan tidak menggunakan metode dan strategi secara tepat guna. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan mencari informasi langsung dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru rumpun pendidikan agama Islam di MTs Ma’arrif NU 04 Tamansari memiliki kompetensi profesional atau kemampuan dalam penguasaan materi pelajaran rumpun PAI yaitu mata pelajaran Aqidah Akhlak, Qur’an Hadits, SKI dan Fiqh dengan baik. Hal demikian didukung dari lulusan yang dimiliki oleh masing-masing guru dari bidang pendidikan agama Islam. Beberapa kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru antara lain dalam setiap pembelajaran guru mengajarkan materi yang mereka kuasai sesuai dengan studi yang diampuh, menyesuaikan materi pelajaran dengan kurikulum, mengaitkan materi pelajaran dengan ilmu pengetahuan lain, mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, dan guru menyampaikan materi yang dapat menumbuhkan sikap positif pada diri peserta didik. Sehingga dari kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru menghasilkan sikap positif yang baik seperti, ketaatan peserta didik kepada guru dan orang tua, dan tidak meninggalkan sholat lima waktu. Sedangkan dari segi prestasi dalam bentuk hasil belajar mengajar yang selalu diatas KKM, peserta didik Mts Ma’arif NU 04 Tamansari juga selalu ikut serta dalam setiap perlombaan dan hasilnyapun tidak mengecewakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi profesional,dan guru rumpun pendidikan agama Islam.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 09 Jan 2018 00:23
Last Modified: 09 Jan 2018 00:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3341

Actions (login required)

View Item View Item