PENGARUH MEDIA KARTU BRIDGE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS V DI MIN SIKANCO KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP

NURBAITY ATIKANINGRUM, 1323305038 (2017) PENGARUH MEDIA KARTU BRIDGE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS V DI MIN SIKANCO KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
NURBAITY ATIKANINGRUM_PENGARUH MEDIA KARTU BRIDGE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa khususnya materi Aksara Jawa di MIN Sikanco kurang optimal. Akibatnya kemampuan siswa dalam menguasai Aksara Jawa masih rendah. Salah satu cara untuk dapat mengoptimalkan pembelajaran Bahasa Jawa khususnya materi Aksara Jawa dengan melibatkan siswa secara aktif yaitu menggunakan media kartu bridge. Media kartu bridge dapat membuat siswa berpartisipasi aktif sebab dalam proses pembelajaran siswa dapat saling bekerja sama dalam satu kelompok. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca dan menulis aksara Jawa antara siswa yang menggunakan media kartu bridge dengan siswa yang tidak menggunakan media kartu bridge? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca dan menulis aksara Jawa antara siswa yang menggunakan media kartu bridge dengan siswa yang tidak menggunakan media kartu bridge pada siswa kelas V MIN Sikanco. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Sikanco tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 48 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian eksperimen, Quasi Experiment yang diterapkan dalam nonequivalent-control group design. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test untuk uji hipotesis karena sampel berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya untuk mengetahui peningkatan hasil nilai siswa dilakukan analisis uji-t data N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa nilai siswa yang menggunakan media kartu bridge lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan media kartu bridge serta terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan hasil posttest kelas eksperimen 58,3 dan kelas kontrol 43,3. Sedangkan hasil uji t data posttest dan N Gain diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang membuktikan bahwa media kartu bridge lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara Jawa siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Bridge, Kemampuan Membaca dan Menulis Aksara Jawa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Dec 2017 08:03
Last Modified: 22 Dec 2017 08:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3325

Actions (login required)

View Item View Item