STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN METODE QIRAATI TPQ AL FALAH DAN METODE AS-SYIFA TPQ MIFTAKHUL ULUM DI DUKUHBENDA KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL

Aisah Munawaroh, 1323308047 (2017) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN METODE QIRAATI TPQ AL FALAH DAN METODE AS-SYIFA TPQ MIFTAKHUL ULUM DI DUKUHBENDA KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
AISAH MUNAWAROH_STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN METODE QIRAATI TPQ AL FALAH DAN METODE AS-SYIFA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Studi Komparasi hasil belajar santri dalam membaca al-Qur’an yang menggunakan metode Qiraati dengan santri yang mengguakan metode As-Syifa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimanahasil belajar membaca al-Quran santri yang menggunakan metode Qiraati di TPQ Al-Falah? (2) Bagaimana hasil belajar membaca al-Quran santri yang menggunakan metode As-Syifa di TPQ Miftahul Ulum? (3) Adakah perbedaan hasil belajarmembaca al-Qur’an antara santri yang menggunakan metode Qiraati di TPQ Al-Falah dan santri yang menggunakan metode As-Syifa di TPQ Miftahul Ulum? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilaksanakan langsung dilapangan atau pada responden.Sampel penelitian sebanyak 32 responden yang terbagi menjadi dua kelompok.Yaitu kelompok pertama santri yang belajar dengan menggunakan metode qiraati sebanyak17 santri.Dan santri yang belajar dengan menggunakan metode As-Syifa sebanyak 15 santri. Dalam penelitian ini mengambil sampel dengan teknik cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan tes lisan untuk mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an antara santri yang menggunakan metode Qiraati dengan Menggunakan metode Asyifa.Sedangkan wawancara, obsevasi dan dokumentasi untuk pengumpulan data pendukung lainnya. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisi dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisi komparasi dengan rumus t-test. Kajian ini menunjukan bahwa (1) rata-rata hasil belajar santri yang menggunakan metode Qiraati di TPQ Al Falah termasuk dalam kategorei “baik” hal ini dibuktikan dengan jumlah rata-ratanya yaitu 74,24. (2) rata-rata hasil belajar santri yang menggunakan metode As-Syifa di TPQ Miftakhul Ulum termasuk dalam kategori “cukup” hal ini dibuktikan dengan rata-ratanya adalah 70,33. Dari anlisis Uji hipotesis diperoleh hasil (

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Metode QIraati, Metode As-Syifa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Dec 2017 06:49
Last Modified: 21 Dec 2017 06:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3312

Actions (login required)

View Item View Item