Fatmawati, 1223308060 (2017) PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MI YABAKII KALISABUK 02TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
M. Shalahudin Yusuf Al Ayubi_PENDIDIKAN SHALAT PADA ANAK KELUARGA PENGUSAHA MUSLIM DI DESA GEMBON.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa Arab, benda-benda tiruan dan gambar merupakan media yang cukup efektif untuk digunakan, terutama untuk pengenalan mufradat. MI Ya Bakii Kalisabuk 02 Kesugihan Cilacap merupakan salah satu lembaga formal yang menerapkan media dalam pembelajaran mufradat. Di MI tersebut pelajaran bahasa Arab hanya diberikan di kelas IV, V, dan VI. Khususnya untuk pembelajaran pada aspek mufradat hanya ditekankan untuk kelas IV dan V, mufradat menjadi suatu hal yang penting untuk siswa yang baru mengenal dan akan mempelajari bahasa Arab. Oleh karena itu dalam proses penyampaian mufradat menggunakan berbagai macam media pembelajaran agar dapat memberikan pemahaman dan penguasaan terhadap materi mufradat yang diajarkan. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pada aspek mufradat? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan teknik observasi dan wawancara untuk menggali dan menghayati lebih dalam subjek dan objek penelitian secara langsung. Penelitian ini juga menggunakan teknik dokumentasi untuk melengkapi data-data tentang objek penelitian. Objek dari penelitian ini adalah penggunaan media dalam pembelajaran mufradat di MI YaBakii Kalisabuk 02, sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu guru bahasa Arab, siswa kelas IV dan V, serta kepala sekolah. Media yang digunakan dalam pembelajaran mufradat di MI YaBakii Kalisabuk 02 di antaranya adalah 1) media gambar, guru menunjukan gambar dengan menyebutkan maknanya dengan bahasa Arab, kemudian gambar dibagikan kepada siswa dan siswa menebak arti gambar tersebut menggunakan bahasa Arab. 2) kartu, siswa menjodohkan kartu ke dalam makna yang sesuai. 3) Benda asli, guru menunjukan benda asli kepada siswa dengan menyebutkan maknanya menggunakan bahasa Arab. 4) Papan tulis, guru menuliskan mufradat di papan tulis kemudian siswa membacanya secara bersama-sama. 5) Puzzle, guru membagikan kertas berwarna yang berisi teka-teki silang dan siswa menyusunnya menjadi sebuah kata yang mempunyai makna.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan, media, dan pembelajaran |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 21 Dec 2017 06:41 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 06:41 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3311 |
Actions (login required)
View Item |