IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENGELOLAAN KURIKULUM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SE KECAMATAN AJIBARANG BANYUMAS

Hikmah Wati, 1423402072 (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENGELOLAAN KURIKULUM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SE KECAMATAN AJIBARANG BANYUMAS. Masters thesis, PASCASARJANA IAIN PURWOKERTO.

[img] Text
HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengelola dan tenaga kependidikan di MI Muhammadiyah se Kecamatan Ajibarang berupaya meningkatkan mutu pendidikan dan keunggulan sekolah. Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah dalam pengelolaan kurikulum yang bersifat terus menerus dan berkesinambungan dapat meningkatkan mutu pendidikan pada masing-masing madrasah. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah dalam pengelolaan kurikulum di Madrasah Muhammadiyah Sekecamatan Ajibarang Banyumas ?” dan “Bagaimana implementasi otonomi sekolah, kepemimpinan, dan peran serta masyarakatdalam pengelolaan kurikulum di Madrasah Muhammadiyah Sekecamatan Ajibarang Banyumas?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah dalam pengelolaan kurikulum di Madrasah Muhammadiyah Sekecamatan Ajibarang Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun subyek penelitian sebagai narasumber adalah kepala madrasah, ketua yayasan, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu : Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Kemudian untuk mendapatkan hasil penelitian peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, adapun prosesnya terdiri atas : Reduksi Data, Display/ Penyajian Data, dan mengambil kesimpulan lalu diverifikasi. Setelah itu dilakukan triangulasi untuk menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen berbasis madrasah meningkatkan pengelolaan kurikulum di MI Muhammadiyah se Kecamatan Ajibarang. Implementasi otonomi sekolah, kepemimpinan, dan peran serta masyarakat dalam pengelolaan kurikulum dinilai dapat meningkatkan mutu pendidikan di MI Muhammadiyah se Kecamatan Ajibarang Banyumas. Untuk lebih dapat mengoptimalkan pengelolaan kurikulum di masing-masing sekolah hendaknya masing-masing MI Muhammadiyah di Kecamatan Ajibarang lebih mengoptimalkan potensi dari masingmasing madrasah serta lebih meningkatkan kualitas MBM dengan diadakan pelatihanpelatihan yang mendukung peningkatan MBM di MI Muhammadiyah se Kecamatan Ajibarang Banyumas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Manajemen, Madrasah, Pengelolaan Kurikulum
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 07 Dec 2017 03:26
Last Modified: 07 Dec 2017 03:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3292

Actions (login required)

View Item View Item