Penerapan Model Word SquaredalamMenghafalKosakata pada Mata PelajaranBahasaInggrisKelas III di MI TarbiyatulAthfalKebaronganTahunPelajaran 2017/2018

Tri SetiyaningUtami, 1323310009 (2017) Penerapan Model Word SquaredalamMenghafalKosakata pada Mata PelajaranBahasaInggrisKelas III di MI TarbiyatulAthfalKebaronganTahunPelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
TRI SETIANING UTAMI_PENERAPAN MODEL WORD SQUARE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)

Abstract

Kosakata merupakan bagian terpenting dalam bahasa, Oleh karena itu, salah satu kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran bahasa Inggris SD/MI khususnya kelas III adalah menghafal kosakata. Hasilobservasipendahuluan di MI TarbiyatulAthfalKebaronganmengenaikemampuanmenghafalkosakatapadasiswakelas III, ditemukanmasalahtentangkesulitan siswadalam menghafal kosakata sesuai dengan tulisannya, dalam menghafal kosakata siswa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghafal kosakata yang diajarkan.Untukitudiperlukan proses belajar yang melatihketelitiannamuntetapmenyenangkandanmemotivasisiswauntukberperanaktifdalam proses pembelajaran.PenerapanModel Word Square dalam pembelajaranmerupakansalahsatucara yang dapatmenciptakanproses tersebut, denganmenggunakankotak kata siswaharustelitimencarijawabandiantara kata-kata pengecohlainnya. Untukmengumpulkan data-data tentangpenerapan model Word squarepenelitimenggunakanmetode observasidigunakanuntukmemperoleh data denganpengamatan secara langsung proses belajar mengajar dan penggunaan model Word Square, wawancaradigunakanuntukmemperoleh datamengenaipembelajarankosakatabahasaInggris di kelas III, faktorpenghambatsiswadalammenghafalkosakata, solusi yang dilakukan guru agar siswamudahmenghafalkosakatadanresponsiswadalammenggunakan model Word square, dokumentasidigunakanuntukmemperoleh data yang relevanmengenaiprofilsekolah, silabu, RPP, dan data-data lain yang mendukung. Setelah data terkumpul,hasil analisis data menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Word Square dalam menghafal kosakata pada mata pelajaran bahasa Inggiskelas III di MI Tarbiyatul Athfal Kebaronganmembuat siswa lebih bersemangat dan mudah menghafal kosakata yang diajarkan.Dalam pelaksanaan pembelajarannya guru melatih siswa untuk teliti dalam mencari jawaban yang ada dikotak kata sehingga tanpa sadar siswa sudah menghafalkan kosakata berdasarkan tulisannya dan dalam pembelajaran guru melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran dengan memberikan siswa kesempatan maju kedepan kelas untuk menempel atau mengarsir jawaban pada kotak kata yang sudah disediakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Dec 2017 03:08
Last Modified: 07 Dec 2017 03:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3288

Actions (login required)

View Item View Item