PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU DI MI MA’ARIF NU 01 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017

SOLEKHAN, 1323310075 (2017) PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU DI MI MA’ARIF NU 01 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
SOLEKHAN_PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru merupakankomponenpengajaran yang memegangperananpentingdanutama, karenakeberhasilan proses belajarmengajarsangatditentukanolehfaktor guru meskipunbukansatu-satunyafaktor yang mempengaruhi. Makadariitu, guru harusmemilikikaulifikasiakdemiksesuaibidang yang diampunyasertamempunyaipeningkatan kinerja yang profesional, baikdalammerencanakan program pengajaranmaupundalampelaksanaan proses belajarmengajar. Kompetensiprofesionalmerupakankemampuan guru dalammenguasaipengetahuanbidangilmupengetahuan, teknologi, dan/atausenidanbudaya yang diampunya yang sekurang-kurangnyameliputipengelolaan kelas, penguasaanmaterisecaraluasdanmendalam, sertakonsepdanmetodedisiplinkeilmuan yang diampu. Rumusanmasalahnyaadalahbagaimanakahpembinaan profesionalismeguru dalamkinerjanyasebagai guru, sertapengelolaan proses belajarmengajar, danlangkah yang dilakukan Kepala Madrasah seperti: Pembinaan Guru, Supervisi, dan Kedisplinan guru di MI Ma’arif NU 01 SokaweraKecamatanCilongokKabupatenBanyumas ? Jenispenelitianadalahpenelitianlapangan.Denganmenggunakanmetodedeskriptifanalisis.Subjekpenelitianadalah guru-guru yang mengajardankepalasekolah di MI Ma’arif NU 01Sokawera.ObjekpenelitianadalahPembinaanprofesionalisme guru di MI Ma’arif NU 01 Sokawera.Metodepengumpulan data yang digunakanantara lain metodeobservasi, metodewawancara, metodedokumentasi, danmetodeanalisis data. Hasilkesimpulannyabahwapembinaanprofesionalisme guruyang telahdilakukan oleh kepala sekolah dalam memenuhikualifikasiakademik di MI Ma’arif NU 01Sokaweracukup baik. Hal initerlihatdaripembinaan guru, kedisiplinan guru, supervisiyang dilakukanolehkepalasekolahterhadap guru dalampenguasaanmateri, pengelolaankelaspadasaat proses belajarmengajar, penggunaanmetodesecarabervariasiuntukmengatasikarakteristikpesertadidik yang berbedasatudengan yang lainnya, sertaguru sangatkreatifdalam membuka dan mentutup pelajaran sehingga peserta didik merasa tidak bosan dengan pelajaran yang dibawakan oleh gurunya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PembinaanProfesionalisme, Guru di MiMa’arif NU 01 Sokawera.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Nov 2017 02:30
Last Modified: 13 Nov 2017 02:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3211

Actions (login required)

View Item View Item