EVALUASI KINERJA PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DI DISTRIK I KABUPATEN CILACAP

Ahmad Zakki Mahis, 1522605026 (2017) EVALUASI KINERJA PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DI DISTRIK I KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
AHMAD ZAKKI MAHIS_EVALUASI KINERJA PENGAWAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf

Download (795kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja pengawas PAI SD di Distrik I Kabupaten Cilacap dalam pelaksanaan supervisi akademik, yang meliputi empat komponen, yaitu penyusunan program supervisi (K1), pelaksanaan program supervisi (K2), evaluasi hasil pelaksanaan program supervisi (K3), membimbing dan melatih profesional guru (K4), evaluasi mengenai kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi, dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala dalam pelaksanaan supervisi. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kuntitatif. Populasi penelitian ini mencakup pengawas PAI SD dan guru PAI SD di distrik I Kabupaten Cilacap, meliputi Kecamatan Kesugihan, Kecamatan Jeruklegi, Kecamatan Cilacap Utara, Kecamatan Cilacap Tengah, dan Kecamatan Cilacap Selatan. Pengawas PAI yang berjumlah 7 orang menjadi subjek penelitian seluruhnya, sedangkan guru PAI yang menjadi sampel penelitian berjumlah 32 orang guru atau 15%. Data penelitian ini diambil dengan wawancara sebagai cara utama, sedangkan observasi dan dokumentasi sebagai pendukung. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kinerja pengawas dalam komponen penyusunan program supervisi/K1 memperoleh predikat amat baik atau A; (2) Kinerja pengawas dalam pelaksanaan program supervisi/K2 memperoleh predikat baik atau B; (3) Kinerja pengawas dalam evaluasi hasil pelaksanaan program supervisi/K3 memperoleh predikat baik atau B; (4) Kinerja pengawas dalam membimbing dan melatih profesional guru/K4 mendapat predikat baik atau B; (5) Kinerja pengawas secara keseluruhan yang mencakup seluruh komponen supervisi mendapatkan predikat baik atau B. Evaluasi dalam pelaksanaan supervisi terdiri dari kendala internal dan eksternal, kendala internal yaitu dari pengawas sendiri seperti kompetensi dan profesionalisme pengawas, dan faktor eksternal, seperti kendala dalam persoalan pendanaan operasional kegiatan, kendala pembagian waktu jadwal kegiatan, dan kendala lokasi binaan yang luas atau jauh. Upaya dalam mengatasi kendala tersebut diantaranya dengan pengembangan kompetensi melalui pelatihan atau bimbingan teknis dan peningkatan kualifikasi pendidikan formal bagi pengawas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kinerja, Pengawas PAI, Supervisi Akademik.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Oct 2017 00:58
Last Modified: 24 Oct 2017 00:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3193

Actions (login required)

View Item View Item