PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PROGRAM BOARDING SCHOOL DI MI AL-FALAH TINGGAR JAYA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS

FENTI NUROHMAH, NIM. 1323305044 (2017) PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PROGRAM BOARDING SCHOOL DI MI AL-FALAH TINGGAR JAYA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
FENTI NUROHMAH _ Pendidikan Karakter Mandiri Melalui Program Boarding School di MI Al-Falah Tingg.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB)

Abstract

Semakin menurunnya moral dan etika peserta didik akan semakin maraknya kenakalan pelajar. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya tawuran, terjadinya tindak kekerasan baik disekolah maupun di luar sekolah yang dilakukan oleh pelajar/peserta didik, dan korupsi yang dilakukan para pejabat. Pendidikan karakter adalah penanaman nilai-nilai karakter kepada peserta didik yang meliputi komponen kesadaran, pemahaman, kepedulian dan komitmen yang tinggi untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut baik terhadap Allah, diri sendiri, masyarakat dan bangsa secara keseluruhan. Untuk membentuk peserta didik akhlak yang baik maka pendidikan karakter sangat penting ditanamkan. Mandiri adalah sikap dan perilaku manusia yang tidak mudah bergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. Mandiri bagi anak sangat penting. Dengan mempunyai sifat mandiri, anak tidak mudah bergantung pada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter mandiri melalui program boarding school di MI Al-Falah Tinggar Jaya Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter mandiri melalui program boarding school di MI Al-Falah Tinggar Jaya. Jenis penelitian ini merupakan penilitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru MI Al-Falah, dan peserta didik yang mengikuti program boarding school. Sedangkan objek penelitiannya pendidikan karakter mandiri melalui program boarding school. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, bahwa pendidikan karakter mandiri melalui program boarding school di MI Al-Falah Tinggar Jaya dapat diterapkan melalui budaya asrama yang dikendalikan dengan kegiatan-kegiatan di asrama yang mengarah pada terwujudnya nilai-nilai karakter mandiri. Kemudian metode yang digunakan dalam kegiatan karakter mandiri adalah metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode bercerita/nasihat. Sedangkan materi pendidikan karakter mandiri yang diajarkan yaitu materi secara langsung dan materi secara tidak langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Character Education, pesantren kilat, karakter mandiri
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 19 Oct 2017 01:44
Last Modified: 19 Oct 2017 01:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3178

Actions (login required)

View Item View Item